IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INFORMASI ASPEK BUDAYA LAMPUNG BERBASIS ANDROID

Syahdani, Ahmad and Arfida, Septilia (2025) IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INFORMASI ASPEK BUDAYA LAMPUNG BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (698kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (398kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Halaman Persembahan.pdf

Download (70kB)
[img] Text
Motto.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (182kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (389kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (66kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (87kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (7MB)

Abstract

viii ABSTRAK IMPLEMENTASI AUGMENTED REALITY SEBAGAI MEDIA INFORMASI ASPEK BUDAYA LAMPUNG BERBASIS ANDROID Oleh: Ahmad Syahdani 2011010126 E-mail: ahmadsyahdani428@gmail.ccom Kemajuan teknologi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk pendidikan, kesehatan, dan kebudayaan. Dampak negatif teknologi yaitu dapat mempengaruhi tergesernya nilai nilai budaya seperti generasi muda lebih suka budaya asing ketimbang kebudayaan nya sendiri. Hal ini menuntut kita untuk lebih waspada dalam menerima budaya luar/asing. Data hasil kuisioner tingkat pemahaman tentang budaya lampung masih terbatas yaitu dengan nilai rata rata 48,5 dan lebih banyak pengguna android. Dinas pendidikan dan kebudayaan lampung merupakan organisasi struktur pemerintah yang mempunyai tugas menyelenggarakan pendidikan dan mengelola kebudayaan. Namun belum ada nya media informasi yang interaktif kurang menarik untuk masyarakat. Berdasarkan masalah tersebut peneliti menghasilkan sebuah aplikasi media informasi Aspek budaya lampung menggunakan teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android yang bertujuan untuk menjaga warisan budaya dan meningkatkan pemahaman masyarakat lampung. Dalam pembuatan aplikasi AR ini menggunakan beberapa tools seperti unity, blender, canva dan vuforia. menggunakan metode MDLC yang terdiri dari tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, Distribution. Dan dengan pengujian Blackbox untuk mengetahui semua fitur berjalan sesuai dengan fungsinya. Kata Kunci : Augmented Reality, Media Informasi, MDLC, Blackbox, Android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Ahmad Syahdani
Date Deposited: 08 Jul 2025 02:24
Last Modified: 08 Jul 2025 02:24
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20671

Actions (login required)

View Item View Item