Dampak Digital Marketing Terhadap Penetrasi Pasar Dan Kinerja Bisnis UMKM Fashion Di Indonesia

Simanjuntak, Dame Ria and Yusendra, M. Ariza Eka (2025) Dampak Digital Marketing Terhadap Penetrasi Pasar Dan Kinerja Bisnis UMKM Fashion Di Indonesia. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (32kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
PERSETUJUAN.pdf

Download (256kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (275kB)
[img] Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf

Download (61kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (34kB)
[img] Text
MOTTO.pdf

Download (64kB)
[img] Text
INTISARI.pdf

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
PRAKATA.pdf

Download (30kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (48kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (161kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (414kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah utama dalam penelitian ini adalah masih banyak UMKM fashion di Indonesia kebingungan dalam menerapkan strategi Digital Marketing untuk meningkatkan kinerja bisnisnya. Berdasarkan latar belakang tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana strategi Digital Marketing mampu meningkatkan business performance UMKM dengan memanfaatkan e-market sensing dan hubungannya dengan market penetration power dari UMKM. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan pengumpulan data melalui survei menggunakan kuisioner yang disebarkan kepada 129 pelaku UMKM fashion di Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah SEM-PLS untuk menguji kerangka konseptual. Hasil penelitian membuktikan bahwa semua hipotesis dalam kerangka konseptual diterima dan dapat dikatakan kemampuan Digital Marketing dapat meningkatkan E-market sensing capability sehingga Market penetration power dan Business performance pada UMKM fashion di Indonesia mampu meningkat secara signifikan. Kata kunci: SmartPLS4, Digital marketing, E-market sensing capability, Market penetration power, Business performance, UMKM Fashion.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Bisnis Digital
Depositing User: Dame Ria Simanjuntak
Date Deposited: 23 Jul 2025 09:14
Last Modified: 23 Jul 2025 09:14
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20856

Actions (login required)

View Item View Item