EVALUASI DAN PENGUKURAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 UNTUK PENINGKATAN MANAJEMEN PELAYANAN PADA SKCK DI POLRES TANGGAMUS

Wahyu, Agung (2025) EVALUASI DAN PENGUKURAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 UNTUK PENINGKATAN MANAJEMEN PELAYANAN PADA SKCK DI POLRES TANGGAMUS. Masters thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (87kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (260kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (32kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (418kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (869kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (47kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (140kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (808kB)

Abstract

ABSTRAK EVALUASI DAN PENGUKURAN SISTEM DAN TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN COBIT 2019 UNTUK PENINGKATAN MANAJEMEN PELAYANAN PADA SKCK DI POLRES TANGGAMUS Oleh Wahyu Agung Nugroho Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi tingkat kapabilitas tata kelola sistem informasi dan kualitas layanan dalam proses penerbitan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) di Polres Tanggamus menggunakan framework COBIT 2019 dan metode SERVQUAL. Empat domain COBIT 2019 yang dievaluasi adalah EDM04 (Ensure Resource Optimization), APO14 (Managed Data), DSS03 (Managed Problems), dan MEA02 (Managed System of Internal Control). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kapabilitas proses TI masih berada pada level 1 (Performed), yang berarti proses telah berjalan namun belum sepenuhnya terdokumentasi dan dikelola secara konsisten. Sementara itu, hasil pengukuran SERVQUAL pada dimensi responsiveness dan empathy menunjukkan adanya gap negatif antara harapan dan kenyataan, mengindikasikan perlunya peningkatan pelayanan dari aspek ketanggapan dan perhatian petugas. Rekomendasi dari penelitian ini mencakup pengembangan sistem pengambilan sidik jari online, integrasi sistem data kependudukan, dan pelatihan SDM. Temuan ini menunjukkan bahwa penerapan manajemen teknologi informasi yang terukur dapat meningkatkan efisiensi, akurasi, dan kepuasan publik dalam pelayanan SKCK. Kata Kunci: Manajemen Teknologi Informasi, COBIT 2019, SERVQUAL, SKCK, Polres Tanggamus

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: U Military Science > U Military Science (General)
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: Wahyu Agung Nugroho
Date Deposited: 12 Sep 2025 03:38
Last Modified: 12 Sep 2025 03:38
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/22742

Actions (login required)

View Item View Item