Tour Denah Gedung Sekolah Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android

Alghani, Moh Reza Zakaria and Suhendro, Yusuf (2025) Tour Denah Gedung Sekolah Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (144kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (197kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (109kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (98kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (209kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (632kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (818kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan peluang besar dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penerapan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi Tour Denah Gedung Sekolah menggunakan teknologi AR berbasis Android sebagai media interaktif untuk membantu calon siswa mengenal lingkungan sekolah. Objek penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Way Serdang. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Aplikasi dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mampu menampilkan denah gedung sekolah secara tiga dimensi dengan teknologi markerless, sehingga pengguna dapat melihat tata letak ruangan secara virtual tanpa memerlukan penanda khusus. Berdasarkan hasil pengujian black box dan kuesioner terhadap 26 responden, aplikasi berjalan dengan baik pada berbagai perangkat Android dan mendapatkan tanggapan positif dalam aspek kemudahan penggunaan serta tampilan yang menarik. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi inovasi media pengenalan lingkungan sekolah yang lebih interaktif dan informatif. Kata Kunci: Augmented Reality, Android, Denah Sekolah, MDLC, Unity 3D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: MOH REZA ZAKARIA ALGHANI
Date Deposited: 06 Nov 2025 07:50
Last Modified: 06 Nov 2025 07:50
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23056

Actions (login required)

View Item View Item