Alghani, Moh Reza Zakaria and Suhendro, Yusuf (2025) Tour Denah Gedung Sekolah Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
|
Text
cover.pdf Download (144kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (401kB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (190kB) |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (197kB) |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (109kB) |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (98kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (695kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (632kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (818kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (114kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital saat ini memberikan peluang besar dalam dunia pendidikan, salah satunya melalui penerapan teknologi Augmented Reality (AR). Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun aplikasi Tour Denah Gedung Sekolah menggunakan teknologi AR berbasis Android sebagai media interaktif untuk membantu calon siswa mengenal lingkungan sekolah. Objek penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Way Serdang. Metode pengembangan yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Aplikasi dikembangkan menggunakan perangkat lunak Unity 3D dan bahasa pemrograman C#. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi mampu menampilkan denah gedung sekolah secara tiga dimensi dengan teknologi markerless, sehingga pengguna dapat melihat tata letak ruangan secara virtual tanpa memerlukan penanda khusus. Berdasarkan hasil pengujian black box dan kuesioner terhadap 26 responden, aplikasi berjalan dengan baik pada berbagai perangkat Android dan mendapatkan tanggapan positif dalam aspek kemudahan penggunaan serta tampilan yang menarik. Dengan demikian, aplikasi ini dapat menjadi inovasi media pengenalan lingkungan sekolah yang lebih interaktif dan informatif. Kata Kunci: Augmented Reality, Android, Denah Sekolah, MDLC, Unity 3D.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
| Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
| Depositing User: | MOH REZA ZAKARIA ALGHANI |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 07:50 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 07:50 |
| URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
