Angghita, Melly and Moussadecq, Ade (2025) PERANCANGAN ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG ANAK SD NEGERI 2 CANDIMAS NATAR LAMPUNG SELATAN. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
|
Text
COVER.pdf Download (143kB) |
|
|
Text
ORISINALITAS.pdf Download (142kB) |
|
|
Text
PUBLIKASI.pdf Download (360kB) |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (372kB) |
|
|
Text
PERSETUJUAN.pdf Download (382kB) |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (149kB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (221kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (199kB) |
|
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (225kB) |
|
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (157kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (251kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (487kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (541kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (228kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK PERANCANGAN ANIMASI 2D SEBAGAI MEDIA EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT MENABUNG ANAK SD NEGERI 2 CANDIMAS LAMPUNG SELATAN Oleh : Melly Angghita 2111070060 Email : mellyangghita19@gmail.com Penelitian ini memiliki tujuan untuk membuat rancangan animasi dua dimensi sebagai sarana edukatif yang berfungsi menumbuhkan minat menabung pada siswa Sekolah Dasar Negeri 2 Candimas, Lampung Selatan. Latar belakang penelitian didasari oleh rendahnya kesadaran serta kebiasaan menabung di kalangan anak-anak sekolah dasar akibat minimnya pemahaman literasi keuangan sejak dini. Pendekatan yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif melalui tahapan observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner untuk memperoleh data mengenai perilaku serta minat menabung siswa. Proses perancangan animasi dilakukan melalui tiga tahapan utama, yakni pra-produksi (penyusunan storyline, storyboard, dan desain karakter), produksi (pembuatan aset visual serta animasi), dan pascaproduksi (penyuntingan, penambahan suara, dan proses rendering). Hasil pengujian menunjukkan bahwa animasi berjudul “Menabung Bersama Nana dan Abra” mampu meningkatkan ketertarikan serta pemahaman siswa terhadap pentingnya kebiasaan menabung. Berdasarkan hasil kuesioner, sebanyak 65% responden menyatakan animasi ini menarik, mudah dipahami, dan efektif dalam menyampaikan pesan edukatif. Oleh karena itu, animasi 2D ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran alternatif yang interaktif, inovatif, dan berperan dalam meningkatkan literasi keuangan anak sejak usia sekolah dasar. Kata kunci: animasi 2D, media edukasi, minat menabung, literasi keuangan
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi eSkripsi |
| Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual |
| Depositing User: | Melly Angghita |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 01:34 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 01:34 |
| URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23260 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
