PERANCANGAN POP-UP BOOK DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN HEWAN YANG BERAKTIVITAS DI MALAM HARI PADA ANAK-ANAK

Azzahra, Faizzah Salsabila and Putra, Ambar Aditya (2025) PERANCANGAN POP-UP BOOK DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN HEWAN YANG BERAKTIVITAS DI MALAM HARI PADA ANAK-ANAK. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas Penelitian.pdf

Download (103kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (140kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan (2).pdf

Download (155kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (263kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (164kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (130kB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (107kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (290kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (444kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (473kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (154kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (176kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (599kB)

Abstract

ABSTRAK PERANCANGAN POP-UP BOOK DENGAN ILUSTRASI UNTUK MENGENALKAN HEWAN YANG BERAKTIVITAS DI MALAM HARI PADA ANAK-ANAK Oleh : Faizzah Salsabila Azzahra e-mail : azzahrafaizzah@gmail.com Rendahnya minat baca anak usia dini di Indonesia, khususnya di Provinsi Lampung, menjadi permasalahan serius yang memerlukan solusi inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk merancang media pembelajaran berupa pop-up book yang mengenalkan hewan yang beraktivitas di malam hari kepada anak usia 4–6 tahun sekaligus meningkatkan minat baca mereka. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan kuesioner yang dilaksanakan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal, Lampung Tengah. Media yang dirancang menampilkan ilustrasi menarik, warna ramah anak, serta teknik pop-up tiga dimensi yang bervariasi pada setiap halaman untuk menciptakan pengalaman membaca yang menyenangkan dan menarik. Uji coba dilakukan terhadap 15 siswa, dengan hasil menunjukkan peningkatan nilai rata-rata dari 50,6 pada pre-test menjadi 90,6 pada post-test, atau peningkatan sebesar 40 poin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media visual tiga dimensi dalam bentuk pop-up book efektif meningkatkan pemahaman, minat belajar, dan daya tarik anak terhadap kegiatan membaca. Dengan demikian, pop-up book terbukti menjadi media pembelajaran yang edukatif, menarik, dan mampu mendukung pengembangan literasi anak usia dini melalui pendekatan visual yang menarik dan menyenangkan. Kata kunci: Pop-up book, hewan nokturnal, minat baca, media pembelajaran, anak usia dini

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Faizzah, Zahra Faizzah Salsabila Azzahra
Date Deposited: 02 Dec 2025 01:49
Last Modified: 02 Dec 2025 01:49
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23262

Actions (login required)

View Item View Item