Safitri, Nopi and Karnila, Sri (2020) E-CRM UNTUK SISTEM INFORMASI PEMESANAN BARANG DAN LAYANAN COMPLAIN (STUDI KASUS : PT.KALBE BLACKMORES). Skripsi thesis, IIB Darmajaya.
Text
COVER.pdf Download (84kB) |
|
Text
PENGESAHAN .pdf Download (143kB) |
|
Text
PERSETUJUAN .pdf Download (137kB) |
|
Text
7 dan 8 abstrak 7&8.docx Download (19kB) |
|
Text
11 sampai 14 DAFTAR ISI.11&14.docx Download (19kB) |
|
Text
18 naskah nopi safitri.docx Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini menghasilkan E-CRM yaitu layanan informasi pemesanan berbasis web sebagai interface antara PT.Kalbe Blackmores dengan pelanggan. Saat ini PT.Kalbe Blackmores memasarkan dan menjual produk suplemen merk Blackmores dan masih bersifat konvesional, yaitu : belum memliki sebuah aplikasi khusus pemasaran dan penjualan, belum memiliki database khusus penjualan, pemasaran dengan brosur sehingga informasi terbatas, belum ada layanan informasi apabila ada complain, barang yang sering terjual, dan belum siapnya laporan saat dibutuhkan. Untuk itu E-CRM berbasis web sangat dibutuhkansebagaisarana penyebaran informasi kepada pelanggan, terkait dengan pemasaran, penjulan, dan tanggapan complain. Dengan menggunakan metode prototype, melalui tahapan identifikasi masalah, mendengar kebutuhan pelanggan, merancang desain input, output, database dan ujicoba dengan black box,E_CRM yang dibangun dapat menjaga hubungan baik dengan pelanggan. Selain itu perusahaan memiliki sarana atau interface penyebaran informasi kepada pelanggan dalam lingkup internasional dan berinteraksi dengan pelanggan dari berbagai tempat yang dapat diakses oleh setiap orang di dunia melalui internet, dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan penggunaan media elektronik atau media cetak sehingga dapat meningkatkan kesetiaan pelanggan. Kata Kunci : Customer Relationship Management (CRM), Prototype, UML
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | editor 1 |
Date Deposited: | 23 Dec 2021 04:19 |
Last Modified: | 23 Dec 2021 04:21 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/5190 |
Actions (login required)
View Item |