PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA KELAS X SMKN 1 BANDARLAMPUNG

Evandi, Arizal (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA KELAS X SMKN 1 BANDARLAMPUNG. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (30kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (821kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
Daftar ISI.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Bab I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Bab II.pdf

Download (258kB)
[img] Text
Bab III.pdf

Download (584kB)
[img] Text
Bab IV.pdf

Download (525kB)
[img] Text
Bab V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (515kB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA KELAS X SMKN 1 BANDARLAMPUNG Arizal Evandi 1611010113 JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA BANDAR LAMPUNG 2021 Jl. ZA. Pagar Alam No.93, Gedong Meneng, Kec. Rajabasa, Kota Bandar Lampung, Lampung 35141 Email:arizalevandi.1611010113@mail.darmajaya.ac.id ABSTRAK Virus Corona COVID 19 sedang melanda dunia saat ini, Corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernafasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), hingga saat ini ada 213 negara yang terjangkit virus corona covid 19, (https://infeksiemerging.kemkes.go.id/). Disisi lain demi tetap menjaga dunia pendidikan bisa tetap berjalan dengan baik serta mendukung Pemerintah dalam mendukung Psysical distanting ditengah Pendemi Covid 19 sesuai intruksi presiden untuk tetap dirumah, belajar dirumah, bekerja dirumah, ibadah dirumah. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) menindak lanjuti kebijakan tersebut melalui Surat Edaran (SE) Nomor, 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19, menyatakan, proses Belajar dilaksanakan dari Rumah (Daring). PENDAHULUAN Dan saat ini ada beberapa teknologi informasi yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran diantaranya dengan menggunakan e-learning. Elearning merupakan inovasi yang dapat dimanfaatkan dalam proses pembelajaran, tidak hanya dalam penyampaian materi pembelajaran tetapi juga perubahan dalam kemampuan berbagai kompetensi peserta didik. Melalui e-learning, peserta didik tidak hanya mendengarkan uraian materi dari pendidik saja tetapi juga aktif mengamati, melakukan, mendemonstrasikan, dan sebagainya. Materi bahan ajar dapat divirtualisasikan dalam berbagai format sehingga lebih menarik dan lebih dinamis sehingga mampu memotivasi peserta didik untuk lebih jauh dalam proses pembelajaran, penggunaan media pembelajaran e-learning dapat menjadi solusi dari Problem Based Learning (PBL) yang terjadi disekolah-sekolah yang terkena dampak negative dari covid-19. Hartono (2016). Seiring dengan meningkatnya pengetahuan dan SDM banyak sekali inovasiinovasi dalam pembelajaran, misalnya adalah penggunaan model-model pembelajaran yang telah dilakukan guru dalam pembelajaran disekolah salah satunya model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). PBL adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran (Sudarman, 2007:69). SMKN 1 Bandar lampung berusaha mencari cara untuk dapat menyampaikan ilmu atau bidang pelajaran yang secara efektif . Khususnya untuk mata pelajaran komputer dan jaringan dasar pada kelas X, dimana yang seharusnya banyak dilakukan dengan praktek, akan tetapi harus dilakukan tanpa adanya tatap muka. Oleh karena itu dibutuhkan suatu media pembelajaran yang dapat memunculkan motivasi siswa, motivasi tersebut antara lain (1) menimbulkan antusiasme, ketertarikan, dan keterlibatan, (2) mendorong siswa untuk mendapatkan jawaban atas ketertarikan mereka, (3) siswa merasakan suasana menyenangkan, (4) mendorong siswa untuk tetap fokus pada materi. Berdasarkan uraian diatas, maka telah dibangun perangkat lunak media pembelajaran interaktif berbasis mobile berbasis Problem Based Learning (PBL) yang dapat berfungsi sebagai media belajar mata pelajaran komputer dan jaringan di SMKN1 Bandar Lampung pada siswa kelas X. Skripsi ini diberi judul “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS MOBILE BERMUATAN PROBLEM BASED LEARNING MATA PELAJARAN KOMPUTER DAN JARINGAN DASAR PADA KELAS X SMKN 1 BANDARLAMPUNG”. KESIMPULAN Kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Perangkat lunak ini dapat membantu proses belajar mengajar di Kelas X SMKN 1 Bandarlampung. 2. Membantu Siswa dalam pembelajaran secara daring dengan cukup mengakses aplikasi melalui smartphone, kapan saja dan dimana saja kegiatan ini dapat dilakukan. 3. Memudahkan tenaga pengajar untuk memberikan materi secara daring yang dapat menjangkau semua peserta didik. SARAN Aplikasi yang dibangun masih memiliki banyak kelemahan, untuk itu masih perlu diperlukan perbaikan maupun pengembangan untuk penelitian berikutnya. Saran yang diperlukan dalam pengembangan aplikasi ini pada penelitian selanjutnya adalah sebagai berikut : 1. Aplikasi ini diharapkan dapat dikembangkan di tipe perangkat IOS. 2. Aplikasi ini diharapkan dapat digunakan tidak hanya di lingkungan SMKN 1 Bandarlampung , akan tetapi di kembangkan untuk dikembangkan di Sekolah lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Arizal Evandi Rizal
Date Deposited: 02 Dec 2022 02:55
Last Modified: 02 Dec 2022 02:55
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/9942

Actions (login required)

View Item View Item