Tarihoran, Anggi (2024) IMPELMENTASI K-MEANS DALAM MENENTUKAN SEGMENTASI KONSUMEN BERDASARKAN DATA TRANSAKSI PADA PT. TUNAS DWIPA MATRA. Skripsi thesis, Intitut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
Text
cover.pdf Download (114kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (52kB) |
|
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (494kB) |
|
Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf Download (494kB) |
|
Text
Lembar Daftar Isi.pdf Download (180kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (57kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (255kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (112kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (173kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (208kB) |
Abstract
Pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis, Seperti contoh segmentasi konsumen yang berguna untuk mengelompokan konsumen menjadi beberapa kelompok berdasarkan perilaku konsumen terhadap pembelian suatu produk. Segmentasi konsumen pada PT. Tunas Dwipa Matra dapat membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan menetapkan target pasar yang tepat dalam menawarkan produk ke konsumen. Melakukan segmentasi konsumen secara manual akan memerlukan banyak tenaga dan waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mengimplementasikan sebuah metode algoritma k-means guna mempartisi data ke dalam dua kelompok ataupun lebih berdasarkan kesamaan dari karakteristik data, dan menggunakan tools Rapid miner dan excel untuk membantu dalam melakukan pengolahan dan visualisasi data. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode k-means dan dengan tools rapidminer. Dapat diambil kesimpulan bahwa pada kelompok penjualan tinggi, wilayah tertinggi ada pada kecamatan sekampung yaitu 82,21%, dengan pekerjaan ibu rumah tangga 42,10%, melalui transaksi pembelian cash 63,15%, dan jenis kendaraan beat street sebanyak 31,57%. Kelompok penjualan sedang di dominasi pada wilayah Batanghari sebanyak 71,42%, dengan pekerjaan petani 42,85%, melalui transaksi cash sebanyak 85,71%, dengan jenis kendaraan Beat Sporty Series dengan jumlah 42.85%. Dan kelompok penjualan rendah di dominasi oleh wilayah kecamatan Sribawono dan bumi agung yaitu 25%, dengan pekerjaan mahasiswa/pelajar 50%, melalui transaksi pembelian cash sebanyak 75%, dan berdasarkan jenis kendaraan Beat Street Sporty sebesar 75%. Kata Kunci: Segmentasi, K-Means, RapidMiner
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | anggi aulia p.sari tarihoran tarihoran |
Date Deposited: | 21 May 2024 01:05 |
Last Modified: | 21 May 2024 01:05 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16148 |
Actions (login required)
View Item |