IMPELMENTASI K-MEANS DALAM MENENTUKAN SEGMENTASI KONSUMEN BERDASARKAN DATA TRANSAKSI PADA PT. TUNAS DWIPA MATRA

Tarihoran, Anggi (2024) IMPELMENTASI K-MEANS DALAM MENENTUKAN SEGMENTASI KONSUMEN BERDASARKAN DATA TRANSAKSI PADA PT. TUNAS DWIPA MATRA. Skripsi thesis, Intitut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (52kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Persetujuan dan Pengesahan.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Lembar Daftar Isi.pdf

Download (180kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (57kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (299kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (112kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (208kB)

Abstract

Pemanfaatan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan bisnis, Seperti contoh segmentasi konsumen yang berguna untuk mengelompokan konsumen menjadi beberapa kelompok berdasarkan perilaku konsumen terhadap pembelian suatu produk. Segmentasi konsumen pada PT. Tunas Dwipa Matra dapat membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan menetapkan target pasar yang tepat dalam menawarkan produk ke konsumen. Melakukan segmentasi konsumen secara manual akan memerlukan banyak tenaga dan waktu. Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis mengimplementasikan sebuah metode algoritma k-means guna mempartisi data ke dalam dua kelompok ataupun lebih berdasarkan kesamaan dari karakteristik data, dan menggunakan tools Rapid miner dan excel untuk membantu dalam melakukan pengolahan dan visualisasi data. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode k-means dan dengan tools rapidminer. Dapat diambil kesimpulan bahwa pada kelompok penjualan tinggi, wilayah tertinggi ada pada kecamatan sekampung yaitu 82,21%, dengan pekerjaan ibu rumah tangga 42,10%, melalui transaksi pembelian cash 63,15%, dan jenis kendaraan beat street sebanyak 31,57%. Kelompok penjualan sedang di dominasi pada wilayah Batanghari sebanyak 71,42%, dengan pekerjaan petani 42,85%, melalui transaksi cash sebanyak 85,71%, dengan jenis kendaraan Beat Sporty Series dengan jumlah 42.85%. Dan kelompok penjualan rendah di dominasi oleh wilayah kecamatan Sribawono dan bumi agung yaitu 25%, dengan pekerjaan mahasiswa/pelajar 50%, melalui transaksi pembelian cash sebanyak 75%, dan berdasarkan jenis kendaraan Beat Street Sporty sebesar 75%. Kata Kunci: Segmentasi, K-Means, RapidMiner

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: anggi aulia p.sari tarihoran tarihoran
Date Deposited: 21 May 2024 01:05
Last Modified: 21 May 2024 01:05
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item