SISTEM INFORMASI PENGADUAN LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WEB MOBILE PADA KOTA METRO

SARI, DESTI PUSPITA (2020) SISTEM INFORMASI PENGADUAN LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WEB MOBILE PADA KOTA METRO. Skripsi thesis, IIB DARMAJAYA.

[img] Text
SKRIPSI FULL.pdf

Download (4MB)

Abstract

SISTEM INFORMASI PENGADUAN LAYANAN MASYARAKAT BERBASIS WEB MOBILE PADA KOTA METRO Ochi Marshella FA, S.Kom., M.T.I ,Desti Puspita Sari Jurusan Sistem Informasi, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya Jalan Z.A. Pagar Alam No.93, Bandar Lampung, Lampung 35141 Telp : 0721-787214, Faks : 0721-700261 e-mail : ochimarshella@darmajaya.ac.id e-mail : destipuspita.1611050102@mail.darmajaya.ac.id ABSTRAK Kota Metro merupakan salah satu kota di Provinsi Lampung serta merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Lampung. Kota Metro memiliki visi dan misi sebagai kota pendidikan dan wisata keluarga di Provinsi Lampung, dengan memperbaiki sektor pendidikan, keamanan, kebersihan serta meningkatkan fasilitas publik. Salah satu cara untuk mewujudkan visi misi tersebut yaitu dengan meningkatkan pelayanan publik. Layanan publik umumnya menyediakan kotak saran kepada masyarakat yang memiliki keluhan. Dalam pengaduan keluhan yang sedang berjalan yaitu masyarakat menggunakan media tertulis (kotak saran dan keluhan) dan media lisan (bertatap muka langsung dengan pegawai). Sistem penanganan keluhan tersebut tidak tersimpan dalam database yang menyebabkan tidak diketahuinya jumlah keluhan yang sudah atau belum tertangani sehingga menyebabkan penanganan keluhan terlambat atau terlewati. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Metode Prototype, yang memiliki beberapa tahapan diantaranya Menentukan Kebutuhan, Membuat Prototype, Evaluasi, Program Sistem dan Perancangan Sistem. Perancangan Sistem yang digunakan yaitu UML (Unified Modelling Language) yang terdiri dari Use Case Diagram, Activity Diagaram, Squence Diagram dan Class Diagram. Tools yang digunakan yaitu Sublime Text sebagai editor penulisan code, database MySQL dengan Tools Xampp serta menggunakan Web Mobile sebagai desain program. Tujuan dari penelitian ini untuk merancang dan membangun Sistem Informasi Pengaduan Layanan Masyarakat serta memudahkan dalam membuat pengaduan keluhan dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. Kata Kunci: Sistem Informasi, Pengaduan Masyarakat, UML, Web Mobile

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 04 Nov 2020 07:23
Last Modified: 04 Nov 2020 07:23
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/2206

Actions (login required)

View Item View Item