PERANCANGAN ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL BAHAYA STUNTING BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Pratama, Angga Marcel and Moussadecq, Ade (2025) PERANCANGAN ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI MEDIA KAMPANYE SOSIAL BAHAYA STUNTING BAGI TUMBUH KEMBANG ANAK DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER.pdf

Download (86kB)
[img] Text
Halaman Orisinalitas.pdf

Download (268kB)
[img] Text
Halaman Pernyataan Persetujuan Publikasi.pdf

Download (435kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (422kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (493kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (496kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (809kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (490kB)
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (267kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (583kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (308kB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada perancangan animasi 2 dimensi sebagai kampanye media sosial bahaya stunting bagi tumbuh kembang anak di kota Bandar Lampung. Latar belakang penelitian ini adalah tingginya prevalensi stunting yang masih menjadi masalah kesehatan di Indonesia khususnya di Lampung. Stunting tidak hanya mempengaruhi pertumbuhan fisik anak, tetapi juga perkembangan kognitif, produktivitas, dan kualitas sumber daya manusia di kemudian hari. Upaya edukasi masyarakat sangat dibutuhkan agar pemahaman tentang bahaya dan pencegahan stunting dapat tersampaikan secara efektif. Metode penelitian yang digunakan meliputi observasi di Posyandu, wawancara dengan BKKBN Provinsi Lampung, studi pustaka dan analisis 5W + 1H untuk mengetahui strategi komunikasi dan desain media. Media utamanya adalah animasi 2 dimensi berupa video animasi explainer dengan gaya kartun, yang didistribusikan melalui YouTube dan Instagram agar mudah diakses publik. Animasi ini dilengkapi dengan media pendukung seperti poster, baliho, kaos, gantungan kunci, pin dan stiker. Hasil desain menunjukkan bahwa animasi 2D dapat menjadi kampanye media sosial yang komunikatif, interaktif, dan mudah dipahami. Postingan media sosial tersebut mendapat respon positif dengan 1.593 views di Instagram dan 39 views di YouTube, yang menunjukkan potensi yang sangat besar untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan stunting.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Marcel Angga Pratama
Date Deposited: 19 Nov 2025 01:09
Last Modified: 19 Nov 2025 01:09
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23116

Actions (login required)

View Item View Item