Malana, Elis and Hasibuan, Said (2021) SISTEM PAKAR UNTUK MENGIDENTIFIKASI PERILAKU DAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMPN 5 BANDAR LAMPUNG BERBASIS CASE BASE REASONING. Masters thesis, IIB Darmajaya.
Text
BAB I.pdf Download (127kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (197kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (131kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (829kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (6kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text
DAFTARA ISI.pdf Download (357kB) |
|
Text
ELIS MALANA.pdf Download (680kB) |
Abstract
Pada masa sekarang ini perkembangan teknologi dan komunikasi dari waktu ke waktu dirasakan semakin meningkat pesat, terlebih lagi perkembangan di bidang teknologi komputer yang mendorong penggunaan dan pemanfaatan perkembangan teknologi tersebut secara luas di berbagai bidang dan aspek kehidupan, Salah satu contoh dari pemanfaatan dan penggunaan perkembangan teknologi komputer itu sendiri adalah di dalam bidang kejiwaan. Dalam prakteknya selama ini di dalam ilmu psikologi sebagian besar masih menggunakan cara dan metode lama dalam proses memahami dan mempelajari sisi psikologis suatu objek. Objek yang dimaksud disini adalah manusia dengan segala sikap dan tingkah lakunya. Salah satu metode lama yang masih banyak digunakan dalam ilmu psikologi yakni dengan cara membuat lembaran – lembaran kuesioner atau serangkaian pertanyaan yang akan diberikan kepada objek yang akan dipelajari, lalu kuesioner- kuesioner tersebut diisi oleh masing-masing objek, kemudian kuesioner tersebut dikumpulkan kembali dan dijumlahkan nilainya sehingga akan didapatkan sebuah kesimpulan dari jumlah nilai tersebut. Berdasarkan hal tersebut maka diperlukan suatu sistem pakar yang mampu menangani persoalan-persoalan yang mampu nantinya mempermudah dalam pengambilan keputusan yang berhubungan dengan perilaku atau kepribadian siswa di sekolah. Prilaku dan Kepribadian sangat penting untuk siswa SMP, baik itu secara perorangan maupun kelompok agar mandiri dan berkembang secara optimal, melalui berbagai jenis layanan dan kegiatan pendukung berdasarkan norma norma yang berlaku. SMP Negeri 5 Bandar Lampung dengan jumlah guru bimbingan konsling (BK) berjumlah 6 orang, dengan siswa bimbingan berjumlah 921 siswa yang terbagi dalam 10 kelas VII, 11 kelas VIII dan 11 kelas IX. Oleh karena itu, tidak semua siswa bisa dipantau satu persatu oleh guru khususnya guru Bimbingan Konseling untuk mengidentifikasi prilaku dan kepribadian siswa didiknya. Permasalahan yang terjadi saat ini, belum optimalnya guru BK dalam mengambil atau memetakan suatu tindakan preventif [pencegahan] bagi siswa sehingga cenderung guru BK bertindak setelah terjadi peristiwa penyimpangan yang dilakukan oleh siswa seperti perkelahian, perundungan, melawan guru serta tindakan tidak terpuji lainnya. Banyak nya siswa dan terbatasnya guru BK menjadi salah satu hambatan dalam pengelolaan dan pemetaan potensi dari setiap siswa tersebut. Dengan menggunakan metode case base reasoning [CBR] akan mampu membantu guru BK dalam mengidentifikasi kepribadian siswa siswa kelas VII dan seluruh siswa SMPN 5 Bandar Lampung pada umumnya secara optimal. Kata Kunci: Sistem Pakar, Case Base Reasoning, Perilaku, Siswa, Bimbingan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknologi Informasi |
Depositing User: | editor 1 |
Date Deposited: | 10 Jan 2022 03:32 |
Last Modified: | 10 Jan 2022 03:32 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/5616 |
Actions (login required)
View Item |