Perangkat Lunak Augmented Reality Perkembangan Ikan Lele Pada Budikdamber

Alifiya, Muhammad and Rahmalia, Syahputri (2022) Perangkat Lunak Augmented Reality Perkembangan Ikan Lele Pada Budikdamber. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (204kB)
[img] Text
5. BAB 1.pdf

Download (112kB)
[img] Text
7. BAB 3.pdf

Download (620kB)
[img] Text
8. BAB 4.pdf

Download (1MB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (31kB)
[img] Text
3. Scan Halaman Persetujuan dan Pengesahan .pdf

Download (931kB)
[img] Text
9. BAB 5.pdf

Download (10kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB 2.pdf

Download (527kB)
[img] Text
10. DAPUS.pdf

Download (400kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (842kB)

Abstract

Budidaya ikan dalam ember, yang disebut juga budikdamber, merupakan salah satu cara budidaya ikan dan sayuran yang dilakukan secara bersama-sama dalam suatu wadah atau ember sebagai media penampungnya. Budidaya ini dapat dilakukan dilahan yang sempit, air yang terbatas, alat dan bahan yang mudah ditemukan, dan tidak memerlukan listrik. Budidamber telah diterapkan dikelompok masyarakat, akan tetapi masyarakat yang sedang mengembangkan budidaya ikan dalam ember ini mengalami kesulitan kerena media informasi yang didapat belum memenuhi semua informasi yang diperlukan, maka dapat berpotensi hasil panen ikan tidak maksimal. Agar dapat membantu masyarakat terhadap budidaya ikan dalam ember, maka telah dibangun aplikasi berbasis sistem operasi android yang dapat berperan sebagai media pemberi informasi gambaran jelas ikan lele yang telah siap untuk dipanen dan ikan yang mengalami penyakit, agar hasil panen dapat maksimal. Sistem ini dibangun menggunakan metode prototype dengan menggunakan perangkat lunak blender dan Android studio. Aplikasi ini digunakan oleh kelompok masyarakat yang didukung dengan fitur seperti: menu home yang memiliki informasi mengenai budikdamber, menu scan yang dapat menampilkan 3D ikan lele yang siap panen dan sakit serta panduan penggunaan, dan menu tentang yang menjelaskan aplikasi yang dibangun. Aplikasi diuji menggunakan metode black box pada halaman splash screen, tombol pengertian budikdamber, tombol instalasi budikdamber, tombol perawatan budikdamber, tombol perkembangan ikan lele, tombol menu scan AR, tombol panduan scan AR, tombol scan AR, tombol menu tentang, pencahayaan dan jarak yang hasilnya adalah aplikasi berjalan dengan baik, tidak ada error dan berjalan pada platform Android versi 7, 8, 9 dan 10. Aplikasi telah diuji ke 24 orang dengan hasil aplikasi Budikdamber App ini mudah dan dapat dipahami oleh pengguna serta dibutuhkan oleh kelompok masyarakat dalam menunjang hasil panen ikan yang maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: S.Kom Muhammad Alifiya
Date Deposited: 11 Oct 2022 00:21
Last Modified: 11 Oct 2022 00:21
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/9763

Actions (login required)

View Item View Item