AUDIT SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENGGUNAKAN FRAME WORK COBIT 5 PADA SMAN 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

Susiyana, Ira and Triloka, Joko (2023) AUDIT SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENGGUNAKAN FRAME WORK COBIT 5 PADA SMAN 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (208kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (568kB)
[img] Text
3. Hal Persetujuan.pdf

Download (949kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (465kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (504kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (877kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (756kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (954kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (441kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (481kB)
[img] Text
11. Lampiran Instrumen Wawancara.pdf

Download (198kB)
[img] Text
12. Lampiran Kuesioner.pdf

Download (533kB)
[img] Text
13. Lampiran Hasil Quesioner DSS 01.pdf

Download (729kB)

Abstract

AUDIT SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN SEKOLAH MENGGUNAKAN FRAME WORK COBIT 5 PADA SMAN 1 TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH Abstrak Teknologi informasi menjadi sarana penunjang untuk menyajikan data dan laporan yang dipakai oleh pihak perpustakaan sekolah sebagai dampak standarisasi pada SMK dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan sistem informasi perpustakaan harus sesuai dengan prosedure (SOP) berdasarkan ISO 9001:2000. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana mengukur tingkat kematangan (maturity level) sistem informasi perpustakaan sekolah SMAN 1 Terbanggi Besar Lampung Tengah menggunakan framework COBIT 5 dengan domain Delivery, Service and Support (DSS) pada kelola operasi, permintaan dan layanan, masalah, keberlanjutan dan jasa keamanan guna memberikan rekomendasi perencanaan sistem informasi akademik dimasa mendatang. Keunggulan framework COBIT 5 dibandingkan dengan COBIT 4.1 sebelumnya, yaitu adanya maturity model yang mengadopsi ISO/IEC 15504-2, dimana proses penilaian akan berdasarkan tingkat kemampuan sebuah organisasi dalam melakukan proses-proses yang telah didefinisikan dalam model assessment, sehingga hasil audit lebih spesifik dan terukur, dimana perpustakaan sekolah pada penelitian terdahulu masih menggunakan COBIT 4.1. Berdasarkan audit yang dilaksanakan pada lingkungan domain DSS, terdapat analisis Gap dimana tingkat capability level 4 adalah 40% dan capability level 3 mencapai 60%, sehingga hal ini bermakna aktivitas-perpusatakaan sekolah terdapat standar penerapan dalam melakukan proses tersebut, terdokumentasi dengan baik dalam DSS1, DSS2, DSS3, DSS4 dan DSS5 dengan nilai rata-rata kapabilitas 3,46. Rekomendasi bagi pihak perpustakaan sekolah adalah melakukan penilaian terhadap infrastruktur yang dimiliki dan dibuat dokumentasinya untuk bahan evaluasi ke depan, sedangkan untuk audit COBIT 5 dapat dilanjutkan lagi pada modul lain dan penambahan pembobotan yang berkaitan dengan pengumpulan bahan bukti yang dicari sehingga hasilnya dapat lebih terpercaya Kata-kata Kunci : audit sistem informasi perpustakaan, framework COBIT 5, domain DSS, maturity model, SMAN 1 Terbanggi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Komputer
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: IRA SUSI YANA,S.Kom
Date Deposited: 21 Dec 2023 00:58
Last Modified: 21 Dec 2023 00:58
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/14405

Actions (login required)

View Item View Item