APLIKASI SISTEM PENGENALAN INFORMASI PAKAIAN DAN ALAT TRADISIONAL KEBUDAYAAN PESISIR BARAT MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY (VR) BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : LAMBAN BALAK)

yoga budiman, RZ Abdul Aziz, S.T., M.T., ph.D. (2024) APLIKASI SISTEM PENGENALAN INFORMASI PAKAIAN DAN ALAT TRADISIONAL KEBUDAYAAN PESISIR BARAT MENGGUNAKAN VIRTUAL REALITY (VR) BERBASIS ANDROID (STUDI KASUS : LAMBAN BALAK). Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover depan.pdf

Download (22kB)
[img] Text
cover dalam.pdf

Download (22kB)
[img] Text
halaman persertujuan.pdf

Download (115kB)
[img] Text
halaman pengesahaan.pdf

Download (129kB)
[img] Text
lembar pernyataan.pdf

Download (94kB)
[img] Text
halaman persembahan.pdf

Download (138kB)
[img] Text
motto.pdf

Download (171kB)
[img] Text
riwayat hidup.pdf

Download (105kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (173kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (76kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (117kB)
[img] Text
daftar gambar.pdf

Download (71kB)
[img] Text
daftar tabel.pdf

Download (69kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB V SARAN DAN KESIMPULAN.pdf

Download (74kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB)

Abstract

Pakaian dan alat tradisional Lamban Balak di Kabupaten Pesisir Barat merupakan simbol kearifan lokal yang terancam oleh urbanisasi dan globalisasi. Teknologi Virtual Reality (VR) diusulkan sebagai solusi untuk mempertahankan dan memahami warisan budaya ini. Integrasi VR dapat menyajikan model pakaian dan alat tradisional secara interaktif, memperluas pemahaman tanpa perlu perjalanan fisik. Selain memberikan pengalaman pembelajaran yang inklusif, VR juga dapat mendukung pariwisata berbasis budaya. Namun, penggunaan VR memerlukan pertimbangan atas dampak kesehatan dan pengembangan fitur layanan yang lebih luas. Kelebihan aplikasi ini mencakup pengalaman interaktif yang mendalam, meningkatkan minat dan pemahaman terhadap budaya lokal, aksesibilitas melalui perangkat Android, dan inovasi dalam melestarikan warisan budaya. Namun, keterbatasan perangkat dan kebutuhan perangkat keras yang memadai tetap menjadi kendala. Penelitian proyek ini berupaya mempertahankan keberadaan dan signifikansi budaya rumah adat Lamban Balak serta memfasilitasi akses dan pemahaman yang lebih luas tentang kekayaan budaya Indonesia dengan virtual reality. Kata kunci : Pakaian dan alat tradisional Lamban Balak, Virtual Reality (VR), Android

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: yoga budiman
Date Deposited: 07 May 2024 06:53
Last Modified: 07 May 2024 06:53
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15921

Actions (login required)

View Item View Item