TIARDO SYAHPUTRA SITEPU, Ardo and Dr. RZ. Abdul Aziz, ST., MT., PhD, Aziz (2024) RANCANG BANGUN GAME KARAKTER PAHLAWAN LAMPUNG BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.
Text
001_Cover.pdf Download (110kB) |
|
Text
002_Halaman Pernyataan.pdf Download (209kB) |
|
Text
003_Halaman Persetujuan.pdf Download (552kB) |
|
Text
005_Abstrak.pdf Download (43kB) |
|
Text
006_Daftar Isi.pdf Download (54kB) |
|
Text
007_Daftar Gambar.pdf Download (34kB) |
|
Text
008_Daftar Tabel.pdf Download (40kB) |
|
Text
009_BAB I.pdf Download (108kB) |
|
Text
010_BAB II.pdf Download (312kB) |
|
Text
011_BAB III.pdf Download (458kB) |
|
Text
012_BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
011_BAB III.pdf Download (458kB) |
|
Text
013_BAB V.pdf Download (85kB) |
|
Text
014_DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (90kB) |
|
Text
015_LAMPIRAN.pdf Download (192kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah game karakter pahlawan Lampung dengan menerapkan metode Game Development Life Cycle (GDLC) di SMP Xaverius Pringsewu. Unity dipilih sebagai platform utama untuk implementasi dan pengembangan game ini. Tujuan utama adalah menciptakan sebuah pengalaman bermain yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik dengan memanfaatkan pengetahuan tentang pahlawan Lampung. Studi ini dimulai dengan tahap perencanaan yang meliputi identifikasi kebutuhan pengguna, analisis karakteristik budaya Lampung yang relevan, dan penentuan fitur utama yang akan diimplementasikan dalam game. Desain karakter pahlawan Lampung dikerjakan dengan menggunakan software Adobe Ilustrator yang membuat karakter tersebut seperti gambar ilustrasi. Pengembangan dilakukan menggunakan software Unity, mengintegrasikan model karakter, animasi, dan mekanika permainan. Tahap pengujian dilakukan secara berkelanjutan untuk memastikan kualitas dan konsistensi game sebelum peluncuran. Hasil akhir dari penelitian ini adalah sebuah prototipe game yang memvisualisasikan karakter pahlawan Lampung secara autentik, sambil memberikan pengalaman interaktif yang mendalam kepada pengguna, khususnya siswa SMP Xaverius Pringsewu. Dengan menerapkan GDLC dan memilih Unity sebagai platform pengembangan, penelitian ini tidak hanya berkontribusi pada pengembangan teknologi game lokal, tetapi juga mempromosikan dan memperkuat pengetahuan tentang karakter pahlawan Lampung yaitu Raden Intan II melalui media digital, menciptakan pendidikan yang interaktif dan bernilai tambah bagi komunitas pendidikan. Kata kunci- Game, Unity, Game Development Life Cycle, Pahlawan Lampung
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Tiardo Syahputra Sitepu |
Date Deposited: | 26 Jul 2024 01:23 |
Last Modified: | 26 Jul 2024 01:23 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16870 |
Actions (login required)
View Item |