Strategi Pemasaran Kripik Tempe Zuvi Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Konsinyasi di Desa Karang Rejo

Donny, Rimanto and M. Redintan Justin, S.Ds, M.Ds, Justin (2024) Strategi Pemasaran Kripik Tempe Zuvi Upaya Meningkatkan Penjualan Melalui Konsinyasi di Desa Karang Rejo. Laporan PKPM thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER PKPM.pdf

Download (106kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (291kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (78kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pihak kampus mewajibkan seluruh mahasiswanya untuk melaksanakan Mata Kuliah Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) pada salah satu kampus yang telah ditentukan, dimana proses secara teori yang telah diserap di Kampus senantiasa dapat diterapkan di Desa Karang rejo,Kec. Metro Utara, Kota Metro , Prov. Lampung. Didalam Lingkungan Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat ada beberapa Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), saya memilih UMKM tempe untuk mengembangkan usaha bisnisnya dan mengimplementasikan pengetahuan dalam bidang ekonomi ( PEMASARAN) kepada UMKM yang saya pilih. UMKM yang berbasis di Desa Karang Rejo berdiri sejak 2013. Kripik Tempe Zuvi menghadapi beberapa tantangan dalam mengembangkan usahanya. Salah satu masalah utamanya adalah jangkauan pemasaran yang masih terbatas di sekitar Desa Karang Rejo dan Kecamatan Metro Utara. Akibatnya, produk ini belum dikenal luas oleh masyarakat di luar daerah tersebut. Selama melakukan kegiatan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) terdapat berbagai program kerja yang dilakukan di Desa Karang Rejo, Kecamatan Metro Utara, Kabupaten Lampung Tengah. Program yang dilakukan ini berfokus pada Identifikasi dan Pendekatan kepada Calon Mitra Konsinyasi serta mempromosikan produk umkn kripik tempe zuvi. Berdasarkan kegiatan yang telah dilaksanakan, Sebagai bagian dari upaya meningkatkan penjualan Kripik Tempe Zuvi, saya telah berusaha untuk memasarkan produk ini ke sembilan minimarket di Desa Karang Rejo dan sekitarnya. Dari sembilan minimarket tersebut, tiga minimarket telah bersedia menerima produk untuk dijual dengan sistem konsinyasi. Kegiatan PKPM ini sangat bermanfaat bagi UMKM Kripik Tempe Zuvi. Memasarkan produk ke minimarket dan warung membantu meningkatkan penjualan dan memperluas jangkauan pasar. Kerja sama ini juga memberikan wawasan baru dalam memasarkan produk dan membangun kemitraan, yang mendukung pertumbuhan usaha dan daya saing di pasar lokal. Secara keseluruhan, kegiatan PKPM ini telah mencapai tujuan utamanya, yaitu meningkatkan penjualan dan memperkuat strategi pemasaran Kripik Tempe Zuvi, sekaligus memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan ekonomi dan kerjasama di Desa Karang Rejo.

Item Type: Thesis (Laporan PKPM)
Subjects: 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
Laporan PKPM
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen
Depositing User: Donny Donny Rimanto Rimanto
Date Deposited: 10 Sep 2024 01:02
Last Modified: 10 Sep 2024 01:02
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/18134

Actions (login required)

View Item View Item