PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI PERILAKU SEKSUAL UNTUK REMAJA MELALUI MEDIA ANIMASI 2D

Maharani, Fadilla and Justin, Muhammad Redintan (2025) PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN EDUKASI PERILAKU SEKSUAL UNTUK REMAJA MELALUI MEDIA ANIMASI 2D. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
01. cover skripsi.pdf

Download (103kB)
[img] Text
02. Abstrak skripsi.pdf

Download (113kB)
[img] Text
04. DAFTAR ISI.pdf

Download (80kB)
[img] Text
05. BAB I.pdf

Download (163kB)
[img] Text
06. BAB II.pdf

Download (230kB)
[img] Text
07. BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
08. BAB IV.pdf

Download (7MB)
[img] Text
09. BAB V.pdf

Download (56kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (115kB)
[img] Text
11. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
03. lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
12. pernyataan orisinalitas karya.pdf

Download (383kB)

Abstract

Penelitian memfokuskan pada pengembangan media animasi 2D yang menarik dan edukatif untuk menyampaikan pesan tentang perilaku seksual yang sehat kepada remaja. Konten media animasi 2D disesuaikan dengan standar kebijakan dan norma sosial yang berlaku. Animasi 2D mampu menyajikan materi dengan cara yang lebih menghibur dan interaktif, memancing rasa ingin tahu dan eksplorasi generasi muda terhadap topik yang diajarkan. Hal ini dapat membantu mengatasi tantangan yang seringkali muncul dalam pembelajaran, seperti kebosanan dan kehilangan fokus, sehingga meningkatkan efektivitas proses pembelajaran secara keseluruhan. Penelitian ini dimaksudkan untuk menghasilkan produk animasi pembelajaran 2D yang ditujukan untuk memperbaiki pola pikir remaja melalui media sosial yang menarik dan menghibur dengan konten pendidikan reproduksi sehingga dapat mengubah pola pikir anak menjadi lebih baik lagi bahwa seks itu bukan lagi hal yang tabu untuk diperbincangkan. Penelitian ini juga ditujukan untuk memberikan pengetahuan tentang kesalahan dan penyimpangan seksual agar individu dapat menjaga diri dan melawan eksploitasi yang dapat mengganggu kesehatan fisik dan mental. Penelitian ini menggunakan Pendekatan kualitatif, dengan metode penciptaan produk media pembelajaran berbasis massive open online course (MOOC). Analisis data yang digunakan adalah teknik 5W+1H, Temuan penelitian ini adalah animasi 2D mampu menyajikan materi dengan cara yang lebih menghibur, interaktif, memancing rasa ingin tahu dan eksplorasi generasi muda terhadap topik yang diajarkan. Kata kunci : perancangan, media, animasi 2D.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Fadilla Maharani
Date Deposited: 10 Jun 2025 06:55
Last Modified: 10 Jun 2025 06:55
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20139

Actions (login required)

View Item View Item