Wicaksono, M. Arif and Parmitasari, Niken (2025) PERILAKU KONSUMEN PADA LAYANAN PENGANTARAN MAKANAN ONLINE : PENGARUH FLASH SALE, VARIASI PRODUK, DAN ULASAN PELANGGAN. Skripsi thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (31kB) |
![]() |
Text
pernyataan .pdf Download (216kB) |
![]() |
Text
halaman pengesahan .pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Abstrak .pdf Download (667kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (246kB) |
![]() |
Text
Daftar Tabel.pdf Download (198kB) |
![]() |
Text
Daftar Gambar.pdf Download (9kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (161kB) |
![]() |
Text
BAB 3 (1).pdf Download (224kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (410kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (96kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (99kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) |
Abstract
Persaingan layanan pengantaran makanan online semakin ketat seiring perkembangan teknologi dan perubahan gaya hidup masyarakat. GoFood, sebagai salah satu layanan unggulan di Indonesia, menghadapi tantangan dalam memengaruhi keputusan pembelian konsumen. Strategi Flash Sale menjadi salah satu upaya yang diterapkan, namun efektivitasnya masih dipertanyakan jika dibandingkan dengan faktor lain seperti variasi produk dan ulasan pelanggan yang juga turut memengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Flash Sale, variasi produk, dan ulasan pelanggan terhadap perilaku konsumen dalam melakukan pembelian pada layanan GoFood. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 180 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dan teknik analisis regresi linier berganda melalui bantuan software SPSS versi 20.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Flash Sale, variasi produk, dan ulasan pelanggan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun secara parsial, hanya Flash Sale dan variasi produk yang memiliki pengaruh signifikan, sedangkan ulasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan. GoFood dapat terus mengoptimalkan strategi Flash Sale dengan penawaran yang lebih menarik dan waktu yang tepat agar dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. GoFood juga perlu memperluas variasi produk melalui kerja sama dengan banyak mitra kuliner lainnya guna memenuhi kebutuhan dan preferensi konsumen yang beragam. Meskipun ulasan pelanggan tidak berpengaruh signifikan, menjaga kualitas pelayanan tetap penting agar tidak menciptakan persepsi negatif yang dapat memengaruhi reputasi perusahaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | M. Arif Wicaksono Arif |
Date Deposited: | 14 May 2025 06:13 |
Last Modified: | 14 May 2025 06:13 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20214 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |