Vega, Afdes Amelia and Paramitasari, Niken (2025) PERAN PERSEPSI KEMUDAHAN, KEPERCAYAAN, DAN PROMOSI DALAM MENDORONG KEPUTUSAN PENGGUNAAN APLIKASI BELANJA ONLINE PADA SPI (STOCK POIN INDOGROSIR) DI KOTA METRO. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (111kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (180kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Download (331kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Download (8kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
PENGESAHAN DAN PERNYATAAN.pdf Download (853kB) |
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah mengubah pola belanja masyarakat dari sistem konvensional menjadi berbasis aplikasi online. Salah satu platform grosir digital yang berkembang adalah Stock Poin Indogrosir (SPI). Namun, penerimaan masyarakat terhadap aplikasi ini, khususnya di Kota Metro yang merupakan wilayah jangkauan baru, masih memerlukan kajian lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kemudahan, kepercayaan, dan promosi terhadap keputusan penggunaan aplikasi SPI. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan metode survei. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 119 responden yang merupakan pengguna aktif aplikasi SPI, dengan pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan regresi linear berganda menggunakan bantuan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan, kepercayaan, dan promosi, berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan aplikasi SPI. Persepsi kemudahan berkontribusi dalam memberikan pengalaman transaksi yang efisien dan bebas hambatan. Kepercayaan berperan penting dalam membangun keyakinan pengguna terhadap keamanan data dan keandalan layanan. Sementara itu, promosi efektif dalam menarik pengguna baru melalui diskon, cashback, dan program loyalitas. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi digital berbasis kemudahan, kepercayaan, dan promosi efektif mendorong keputusan penggunaan aplikasi belanja grosir online, khususnya pada pasar baru.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Afdes Amelia Vega |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:53 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:53 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20583 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |