Machdalista, Princessa Puspa and Darmawan, Abdi (2025) PERANCANGAN BUSY BOOK SEBAGAI MEDIA PENGENALAN KOSAKATA SEDERHANA TENTANG BENDA-BENDA SEKITAR DALAM BAHASA INGGRIS PADA SISWA/I SDN 1 NEGERIKATON. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
|
Text
COVER.pdf Download (292kB) |
|
|
Text
PERNYATAAN ORSINILITAS PENELITIAN.pdf Download (283kB) |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (898kB) |
|
|
Text
KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (620kB) |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (456kB) |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (682kB) |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (820kB) |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (817kB) |
|
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
BAB 5.pdf Download (665kB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (539kB) |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang busy book sebagai media pembelajaran kosakata Bahasa Inggris bertema benda-benda yang ada di rumah untuk siswa kelas 4 SDN 1 Negerikaton, Kecamatan Negerikaton, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Latar belakang perancangan ini adalah rendahnya penguasaan kosakata Bahasa Inggris siswa akibat keterbatasan media pembelajaran yang hanya menggunakan buku yang disediakan sekolah saja. Perancangan ini menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang meliputi analisis kebutuhan, pembuatan desain visual, pengembangan media, serta penyebarluasan hasil rancangan. Busy book dirancang dengan ilustrasi bilingual (Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris), warna-warna ceria, tipografi yang menarik, serta aktivitas interaktif seperti permainan mencocokkan gambar dan kata, menyusun kosakata, dan memindahkan karakter. Uji coba menunjukkan adanya peningkatan signifikan penguasaan kosakata siswa, dari rata-rata 5–10 kata sebelum penggunaan media menjadi 12–26 kata setelah pembelajaran. Validasi oleh guru menempatkan bahwasanya busy book merupakan media pembelajaran yang efektif dan layak digunakan. Selain memudahkan guru menyampaikan materi, media ini juga meningkatkan minat dan partisipasi siswa secara aktif di kelas. Perancangan busy book ini diharapkan dapat menjadi solusi kreatif untuk mengatasi keterbatasan media pembelajaran, meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Inggris, dan memperkaya kosakata siswa sejak dini.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi eSkripsi |
| Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual |
| Depositing User: | Princessa Puspa Machdalista |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:47 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:47 |
| URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23073 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
