ANALISA MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN (Studi Kasus dalam Perspektif Manajemen Strategik Generik Michael Porter)

Rosyal, Peta and Aziz, RZ Abdul (2022) ANALISA MANAJEMEN STRATEGI PEMASARAN PENDIDIKAN UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING DI MAN 1 LAMPUNG SELATAN (Studi Kasus dalam Perspektif Manajemen Strategik Generik Michael Porter). Masters thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (30kB)
[img] Text
COVER BELAKANG.pdf

Download (31kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (45kB)
[img] Text
hal pengesahan.pdf

Download (317kB)
[img] Text
hal persetujuan.pdf

Download (233kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (910kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (281kB)
[img] Text
LAMPIRAN PETA.pdf

Download (12kB)

Abstract

Persaingan pendidikan di era global menuntut sekolah/madrasah untuk terus meningkatkan kualitas dan mengikuti alur kebutuhan serta keinginan stakeholder agar dapat mempertahankan eksistensi. Meskipun sekolah/madrasah merupakan organisasi nonprofit, namun tetap membutuhkan proses manajamen pemasaran yang tepat. MAN 1 Lampung Selatan merupakan salah satu lembaga pendidikan yang berusaha memberikan pelayanan pendidikan berkualitas didaerah Lampung Selatan. Upaya tersebut tidak luput dari pertimbangan melalui beberapa strategi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan etnografi. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dikaji, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) MAN 1 Lampung Selatan termasuk salah satu lembaga yang memberikan pelayanan sesuai harga. Yang menarik adalah adanya fluktuasi jumlah infaq syahriah yang tidak menetap setiap bulannya; (2) sebagai lembaga yang saat ini banyaknya peminatnya, MAN 1 Lampung Selatan selalu melakukan pembaharuan program dan sistem dalam rangka menarik animo masyarakat. Sehingga Madrasah dapat menemukan diferensiasi yang menjadi ciri khas dan identitas yang membedakan MAN 1 Lampung Selatan dengan lembaga pendidikan lainnya, utamanya yang berada dalam lingkungan Lampung Selatan; (3) Fokus utama yang menjadi prioritas di MAN 1 Lampung Selatan adalah manajemen SDM (Sumber Daya Manusia) yang efektif dan berkualitas. Kata Kunci : Strategi Pemasaran Pendidikan, Cost Leadership, Diferensiasi, Fokus.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: peta rosyal rosyal
Date Deposited: 12 Jul 2023 06:14
Last Modified: 12 Jul 2023 06:14
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/12231

Actions (login required)

View Item View Item