E-modul Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Peminatan Mobile technology Program Studi Teknik Informatika IIB Darmajaya

Gultom, Muhammad Nashir and Mutiara, Suci (2024) E-modul Pembelajaran Untuk Mata Kuliah Peminatan Mobile technology Program Studi Teknik Informatika IIB Darmajaya. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (68kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (46kB)
[img] Text
Halaman Persetujuan.pdf

Download (317kB)
[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (325kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (56kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (119kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (847kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (43kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (443kB)

Abstract

E-modul adalah materi yang membantu mahasiswa mempelajari materi secara mandiri dengan menggunakan media elektronik. Permasalahan dari penelitian ini salah satunya adalah bahan ajar modul dalam bentuk cetak. Penggunaan modul cetak (buku) memang cukup mudah namun kertas tidaklah bertahan lama karena seperti yang kita ketahui jika kertas sangat mudah sobek dan tulisan yang ada pada kertas akan memudar sehingga diperlukannya pengembangan media pembelajaran untuk menyesuaikan perkembangan teknologi yang dapat digunakan sebagai fasilitas untuk mempermudah dalam proses belajar. E-modul juga mempermudah dosen pengampu untuk memperbaharui materi pada matakuliah dan mempermudah mahasiswa untuk memperoleh materi yang lengkap dan terbaru. Pada penelitian kali ini menggunakan Algoritma Fisher-Yates shuffle karena algoritma ini dianggap sebagai metode pengacakan yang lebih baik atau cocok untuk pengacakan numerik, memiliki waktu eksekusi yang lebih cepat, dan waktu implementasi pengacakan yang lebih sedikit. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Research and Development (R&D) yang terdiridari 5 tahapan yang dilakukan yaitu Analysis (Analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi e-modul pembelajaran mata kuliah pada peminatan mobile technology yang dapat memudahkan mahasiswa dan dosen program studi Teknik Informatika, IIB Darmajaya dalam melakukan kegiatan pembelajaran sebagai fasilitas pembelajaran yang baru. Kata Kunci : E-modul, Android, Algoritma Fisher-Yates shuffle, Metode(R&D)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Muhammad Nashir Gultom
Date Deposited: 27 Apr 2024 01:34
Last Modified: 27 Apr 2024 01:34
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15689

Actions (login required)

View Item View Item