PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA SURYA BAGI SEKOLAH RAKYAT BUSA PUSTAKA UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM BELAJAR

Putri, Handayani (2024) PERANCANGAN KOMUNIKASI VISUAL MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TATA SURYA BAGI SEKOLAH RAKYAT BUSA PUSTAKA UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN SISWA DALAM BELAJAR. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (26kB)
[img] Text
Halaman Orisinalitas, Persetujuan & Pengesahan.pdf

Download (767kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (38kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (12kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (419kB)

Abstract

Sekolah Rakyat Busa Pustaka merupakan sebuah sarana pendidikan non formal yang bertujuan untuk memberikan pendidikan dan pengajaran kepada masyarakat yang memiliki akses dan fasilitas terbatas. Hasil observasi di Sekolah Rakyat Busa Pustaka menunjukkan kurangnya media pembelajaran yang menarik, sehingga menghambat pemahaman dan retensi siswa terhadap materi pelajaran khususnya kelas astronomi atau pengetahuan tata surya. Untuk mengatasi masalah ini, aplikasi multimedia interaktif mengenal tata surya dirancang dengan metode design thinking, dan menggabungkan elemen-elemen seperti animasi, ilustrasi, dan kuis. Proses pengembangan melibatkan pembuatan sketsa, desain digital, dan elemen interaktif dengan menggunakan perangkat lunak seperti Adobe Illustrator dan Adobe Animate. Aplikasi yang dihasilkan disesuaikan dengan kebutuhan spesifik target audiens, yaitu anak-anak berusia 6-12 tahun dan dijalankan pada platform aplikasi ponsel pintar. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam pemahaman siswa tentang tata surya setelah menggunakan media interaktif sebesar 37 %. Penelitian berpotensi meningkatkan pembelajaran dengan adaptasi teknologi dalam lingkungan pendidikan non-formal dan menggarisbawahi pentingnya merancang materi pendidikan yang menarik dan efektif. Temuan utama menunjukkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan motivasi siswa, retensi pengetahuan, dan pengalaman belajar secara keseluruhan. Penelitian ini berkontribusi pada bidang teknologi pendidikan dengan menunjukkan aplikasi praktis media interaktif dalam konteks dunia nyata.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Interaktif, Sekolah Rakyat, Design Thinking, Media Pembelajaran, Tata Surya
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Putri Handayani
Date Deposited: 06 Jan 2025 04:39
Last Modified: 06 Jan 2025 04:39
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/19119

Actions (login required)

View Item View Item