Maulana Muhammad, Ardi and Artaye, Ketut (2025) PENERAPAN VIRTUAL TOUR MUSEUM PURBAKALA PUGUNG RAHARJO SEBAGAI SISTEM PEMBELAJARAN SEJARAH. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.
Text
COVER.pdf Download (60kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (322kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (796kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (872kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (73kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (34kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (28kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Download (195kB) |
|
Text
BAB 3.pdf Download (533kB) |
|
Text
BAB 4.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 5.pdf Download (10kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (77kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Museum memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran, terutama pada ilmu sosial, sebagai sumber dan media pembelajaran. Museum menyediakan akses informasi dan pengetahuan sejarah, dan berfungsi sebagai komunikator yang memfasilitasi masyarakat dalam memahami koleksi yang ada. Museum Purbakala Pugung Raharjo, Lampung Timur merupakan salah satu meseum yang ada di Provinsi Lampung, Museum ini memiliki berbagai koleksi benda-benda bersejarah yang penting untuk memperkenalkan dan mempertahankan warisan budaya di Lampung. Namun, terbatasnya akses pengunjung dan kurangnya media promosi yang menarik menjadi kendala dalam menyebarluaskan informasi sejarah yang ada. Untuk mengatasi hal ini, aplikasi Virtual Tour 360° dirancang sebagai media promosi dan pembelajaran sejarah yang interaktif. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses museum secara virtual dengan tampilan panorama 360°, memberikan pengalaman seolah-olah berada di lokasi museum yang sebenarnya. Fitur-fitur pendukung seperti narasi audio, informasi tekstual, dan penanda interaktif disertakan untuk memperkaya pengalaman belajar pengguna. Dengan aplikasi ini, diharapkan museum dapat menjangkau audiens yang lebih luas, termasuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum yang memiliki keterbatasan akses ke lokasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa aplikasi Virtual Tour 360° berhasil meningkatkan minat belajar sejarah dan keinginan pengguna untuk mengunjungi museum secara langsung.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | Ardi Maulana Muhammad |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 01:17 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 01:17 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/19162 |
Actions (login required)
View Item |