ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN BLOCKCHAIN DAN VALUE CHAIN TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM KOPI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Septiadi, Bayu and Supriyadi, Supriyadi (2025) ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN BLOCKCHAIN DAN VALUE CHAIN TERHADAP CUSTOMER LOYALTY DENGAN CUSTOMER VALUE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA UMKM KOPI DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Institut Infomatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (258kB)
[img] Text
2. COVER DALAM.pdf

Download (259kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (396kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN.pdf

Download (716kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (156kB)
[img] Text
6. MOTTO.pdf

Download (128kB)
[img] Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
8. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (191kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (312kB)
[img] Text
10. BAB I.pdf

Download (278kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (543kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (757kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan teknologi blockchain dan value chain terhadap customer loyalty dengan customer value sebagai variabel intervening pada UMKM di Kota Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner terhadap 240 responden yang merupakan pelanggan UMKM Kopi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan software AMOS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi blockchain tidak berpengaruh secara signifikan terhadap customer value dan customer loyalty. Value chain juga berpengaruh secara signifikan terhadap customer value dan customer loyalty. Customer value berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty, dan Blockchain tidak memiliki berpengaruh secara tidak langsung terhadap customer loyalty melalui customer value dan value chain memiliki berpengaruh secara tidak langsung terhadap customer loyalty melalui customer value. Model penelitian menunjukkan goodness of fit yang baik, dengan nilai chi-square = 91.463, Probabilitas = 0.052, RMSEA= 0.035, GFI = 0.951, AGFI = 0.927, CMIN/DF = 1.288, TLI = 0.982, CFI = 0.986. Penelitian ini menunjukkan pentingnya strategi yang lebih kuat dalam memberikan informasi kepada pelanggan terkait integrasi teknologi untuk meningkatkan nilai pelanggan seperti keamanan, transparansi, dan kredibilitas agar pengaruhnya dirasakan oleh pelanggan. Temuan ini memberikan rekomendasi bagi UMKM Kopi untuk memperkuat strategi sebelum mengadopsi sebuah sistem teknologi dan mengevaluasi untuk meningkatkan manajemen value chain secara terstruktur dalam upaya meningkatkan keunggulan bersaing di era digital

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Mr Bayu Septiadi Septiadi
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:52
Last Modified: 23 Jul 2025 06:52
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20852

Actions (login required)

View Item View Item