PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM MENENTUKAN STRATEGI MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN DATA AKADEMIK

Sabila, Nadia and Nurjoko, Nurjoko (2025) PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM MENENTUKAN STRATEGI MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN DATA AKADEMIK. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
COVER (1).pdf

Download (34kB)
[img] Text
ABSRAK INDO.pdf

Download (12kB)
[img] Text
ABSTRAK 2.pdf

Download (158kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN NADIA.pdf

Download (124kB)
[img] Text
HALAMAN%20PERSETUJUAN.pdf

Download (473kB)
[img] Text
HALAMAN%20PENGESAHAAN (1).pdf

Download (454kB)
[img] Text
DAFTAR ISI NADIA.pdf

Download (22kB)
[img] Text
BAB 1 (2).pdf

Download (79kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (1).pdf

Download (15kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (84kB)
[img] Text
LAMPIRAN NADIA.pdf

Download (141kB)

Abstract

ABSTRAK PENERAPAN METODE K-MEANS DALAM MENENTUKAN STRATEGI MENINGKATKAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN DATA AKADEMIK Oleh NADIA SABILA Sabilanadia913@gmail.com Penerimaan peserta didik baru merupakan proses penting dalam dunia pendidikan, yang secara langsung memengaruhi kualitas dan mutu suatu sekolah. SMA Negeri 1 Pagelaran sebagai satu-satunya SMA Negeri di Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pringsewu, Lampung, berkomitmen untuk terus meningkatkan mutu pendidikan baik di bidang akademik maupun non-akademik. Salah satu strategi yang dapat diterapkan adalah dengan memanfaatkan teknologi analisis data untuk memahami performa siswa secara komprehensif. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan algoritma K-Means Clustering dalam menganalisis data akademik guna menyusun strategi peningkatan mutu sekolah. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini meliputi jenis kelamin, jurusan, nilai akademik, nilai non-akademik, dan status alumni. Data yang dianalisis merupakan data siswa pada tahun 2020 hingga 2023 dan diolah menggunakan tools RapidMiner dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari proses clustering ini diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam mengidentifikasi kelompok siswa berdasarkan karakteristik yang dimiliki serta merumuskan strategi yang lebih tepat sasaran dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Dengan demikian, informasi tersembunyi dari data akademik dapat dimanfaatkan secara optimal untuk pengambilan keputusan yang lebih strategis. Kata kunci: K-Means, Clustering, Mutu Sekolah, Data Akademik, RapidMiner, SMA Negeri 1 Pagelaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Nadia Sabila
Date Deposited: 19 Aug 2025 07:53
Last Modified: 19 Aug 2025 07:53
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/21024

Actions (login required)

View Item View Item