PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM UPAYA MITIGASI BANJIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Khadafi, khadafi and Justin, Muhammad Redintan (2025) PERANCANGAN IKLAN LAYANAN MASYARAKAT SEBAGAI MEDIA EDUKASI DALAM UPAYA MITIGASI BANJIR DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, institut informatika dan bisnis darmajaya.

[img] Text
cover.pdf

Download (123kB)
[img] Text
halaman pernyataan orisinalitas.pdf

Download (381kB)
[img] Text
halaman persetujuan.pdf

Download (990kB)
[img] Text
halaman pengesahan.pdf

Download (923kB)
[img] Text
kata pengantar.pdf

Download (540kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (560kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (160kB)
[img] Text
bab i.pdf

Download (216kB)
[img] Text
bab ii.pdf

Download (425kB)
[img] Text
bab iii.pdf

Download (269kB)
[img] Text
bab iv.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab v.pdf

Download (134kB)
[img] Text
daftar pustaka.pdf

Download (173kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)
[img] Text
halaman persetujuan publikasi.pdf

Download (928kB)

Abstract

Kota Bandar Lampung merupakan wilayah yang rawan terhadap bencana banjir,terutama akibat curah hujan tinggi, alih fungsi lahan, dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga lingkungan. Kurangnya edukasi yang menarik dan mudah dipahami menjadi salah satu faktor rendahnya partisipasi masyarakat dalam upaya mitigasi banjir. Penelitian ini bertujuan untuk merancang iklan layanan masyarakat (ILM) berbentuk video edukasi sebagai media komunikasi visual yang efektif dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai mitigasi banjir. Metode yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi langsung di lokasi terdampak banjir, wawancara dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat menyadari dampak banjir, namun masih minim pengetahuan mengenai langkah-langkah mitigasi. Oleh karena itu, perancangan ILM difokuskan pada penyampaian pesan edukatif secara emosional dan rasional dengan pendekatan visual yang kuat dan mudah dipahami. Media utama berupa video edukasi berdurasi 120 detik disebarluaskan melalui platform digital seperti Instagram dan YouTube, didukung dengan media cetak seperti poster dan X-banner, serta merchandise. Hasil akhir dari perancangan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan dan mengurangi risiko banjir di Kota Bandar Lampung. Kata kunci: Iklan Layanan Masyarakat, Edukasi, Mitigasi Banjir, Kota Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Khadafi Khadafi M.Amar Khadafi
Date Deposited: 17 Nov 2025 06:33
Last Modified: 17 Nov 2025 06:33
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23072

Actions (login required)

View Item View Item