ANALISIS APLIKASI PIJAR SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN TASK TECHNOLOGY FIT (TTF) DI STUDI KASUS DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG

Sugiarto, Teguh and Aziz, RZ Abdul (2025) ANALISIS APLIKASI PIJAR SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN TASK TECHNOLOGY FIT (TTF) DI STUDI KASUS DI SMKN 2 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
Cover.pdf

Download (351kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (190kB)
[img] Text
Pengesahan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (127kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (37kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (848kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (706kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (15kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Analisis Aplikasi Pijar Sekolah di SMKN 2 Bandar Lampung Menggunakan Model Technology Acceptance Model (TAM) dan Task-Technology Fit (TTF) (Studi Kasus SMKN 2 Bandar Lampung) Teguh Sugiarto Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan aplikasi Pijar Sekolah dalam konteks pendidikan di SMKN 2 Bandar Lampung dengan mengadopsi model Technology Acceptance Model (TAM) dan Task-Technology Fit (TTF). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi penerimaan dan efektivitas penggunaan aplikasi Pijar Sekolah oleh siswa, dengan mengintegrasikan model Technology Acceptance Model (TAM) dan Task�Technology Fit (TTF). Variabel yang diteliti meliputi Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Enjoyment, Technology Characteristics, Task Characteristics, Social Characteristics, Behavioral Intention to Use, Task�Technology Fit, Student Satisfaction, dan Academic Performance. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan Partial Least Square Structural Equation Modeling (PLS-SEM) melalui software SmartPLS. Hasil analisis menunjukkan bahwa seluruh konstruk dalam model memiliki pengaruh signifikan. Persepsi kegunaan, kemudahan penggunaan, dan kenikmatan berpengaruh positif terhadap niat menggunakan aplikasi. Karakteristik teknologi, tugas, dan sosial secara signifikan memengaruhi kesesuaian tugas-teknologi. Sementara itu, niat menggunakan dan kesesuaian tugas-teknologi berkontribusi terhadap kepuasan siswa, yang pada akhirnya berdampak pada peningkatan kinerja akademik. Seluruh nilai Average Variance Extracted (AVE) memenuhi ambang validitas konvergen, menunjukkan kekuatan hubungan antar konstruk. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa untuk meningkatkan efektivitas aplikasi Pijar Sekolah, perlu diperhatikan aspek kegunaan, kemudahan, dan pengalaman pengguna, serta kesesuaian antara fitur teknologi dengan kebutuhan tugas siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk mengeksplorasi faktor-faktor tambahan yang dapat memengaruhi adopsi teknologi pendidikan secara lebih menyeluruh. Kata kunci: Technology Acceptance Model, Task-Technology Fit, Pijar Sekolah, Behavioral Intention, Student Satisfaction, Academic Performance

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ilmu Komputer
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika
Depositing User: TEGUH SUGIARTO TEGUH SUGIARTO
Date Deposited: 13 Nov 2025 04:37
Last Modified: 13 Nov 2025 04:37
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23084

Actions (login required)

View Item View Item