Implementasi Augmented Reality Sebagai Informasi Produk CV. Mosal Grafika Dengan Metode Marker-Based Tracking

Parwez, Sultan Ahmad and Azima, Muhammad Fauzan (2025) Implementasi Augmented Reality Sebagai Informasi Produk CV. Mosal Grafika Dengan Metode Marker-Based Tracking. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. Pernyataan.pdf

Download (615kB)
[img] Text
3. Persetujuan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Pengesehan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Riwayat Hidup.pdf

Download (655kB)
[img] Text
6. Persembahan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
7. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. Prakata.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Isi.pdf

Download (3MB)
[img] Text
10. Daftar Gambar.pdf

Download (3MB)
[img] Text
11. Daftar Tabel.pdf

Download (3MB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (3MB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (3MB)
[img] Text
17. Daftar Pustaka.pdf

Download (3MB)
[img] Text
18. Lampiran.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan teknologi augmented reality sebagai media visualisasi produk di CV. Mosal Grafika, dan mengamati pengaruhnya terhadap kemudahan akses informasi, kenyamanan, dan kepuasan konsumen. Pengembangan aplikasi dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari enam tahap yaitu konsep, desain, pengumpulan material, pembuatan, pengujian, dan pendistribusian. Aplikasi Augmented Reality ini dirancang untuk menampilkan produk dalam bentuk animasi 3D yang dapat diakses melalui perangkat Android menggunakan marker-based tracking. Pengujian dilakukan pada dua perangkat Android dengan spesifikasi yang berbeda untuk memastikan kompatibilitas dan fungsionalitas aplikasi. Selain itu, dilakukan penyebaran kuesioner kepada karyawan CV. Mosal Grafika untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh responden merasa puas terhadap kemudahan dan kejelasan visualisasi produk melalui aplikasi ini. Kelebihan aplikasi ini antara lain tampilannya sederhana, mudah digunakan, dan dapat menampilkan produk dalam bentuk visual yang interaktif. Kekurangannya yaitu belum mendukung update online dan proses penambahan animasi 3D masih manual. Secara keseluruhan, aplikasi ini efektif dalam meningkatkan pengalaman konsumen dalam mengakses informasi produk secara interaktif dan modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Sultan Ahmad Parwez
Date Deposited: 27 Nov 2025 07:00
Last Modified: 27 Nov 2025 07:00
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23214

Actions (login required)

View Item View Item