Cantika, Khairunnisa and Moussadecq, Ade (2025) DESAIN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI 2 DIMENSI SEBAGAI SARANA EDUKASI BISINDO SISWA SDLB TUNA RUNGU DHARMA BAKTI DHARMA PERTIWI. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
|
Text
cover.pdf Download (224kB) |
|
|
Text
Pernyataan orisinalitas.pdf Download (281kB) |
|
|
Text
Halaman persetujuan.pdf Download (684kB) |
|
|
Text
Halaman pengesahan(1).pdf Download (2MB) |
|
|
Text
Halaman persetujuan publikasi.pdf Download (2MB) |
|
|
Text
CV riwayat hidup.pdf Download (441kB) |
|
|
Text
Kata pengantar.pdf Download (427kB) |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
Daftar isi.pdf Download (318kB) |
|
|
Text
Daftar gambar.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
Daftar tabel.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
Daftar tabel.pdf Download (314kB) |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (368kB) |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (516kB) |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (439kB) |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (963kB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
|
|
Text
Daftar pustaka.pdf Download (428kB) |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (555kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan merancang media pembelajaran berupa animasi dua dimensi (2D) sebagai sarana edukasi Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) bagi siswa tunarungu usia sekolah dasar di SLB Dharma Bakti Dharma Pertiwi, Bandar Lampung. Latar belakang perancangan ini didasari oleh minimnya media visual interaktif yang sesuai dengan kebutuhan belajar siswa tunarungu, yang selama ini masih mengandalkan metode pembelajaran konvensional. Proses perancangan meliputi tahap pra-produksi, produksi, hingga pasca-produksi, dengan pendekatan visual yang disesuaikan dengan karakter anak-anak. Hasil uji coba terhadap kelompok kecil menunjukkan bahwa media ini mampu membantu siswa mengenali huruf dan memahami gerakan BISINDO dengan lebih mudah dan menyenangkan. Kesimpulannya, media animasi 2D terbukti efektif sebagai alat bantu belajar yang komunikatif dan ramah bagi anak tunarungu, serta berpotensi untuk dikembangkan lebih lanjut agar dapat digunakan secara lebih luas di lingkungan pendidikan inklusif.
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | 700 Kesenian > 740 Menggambar dan Seni Dekorasi eSkripsi |
| Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Desain Hukum Pariwisata > Desain Komunikasi Visual |
| Depositing User: | Student Cantika Khairunnisa |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 06:30 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 06:30 |
| URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
