SETIAWAN, VICKY YOGA and Eka Yusendra, M Ariza (2022) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PEMASARAN UNTUK MENGEMBANGKAN WISATA EMBUNG UMBUL SLAWE DIDESA SIDOMUKTI KECAMATAN TANJUNG SARI. Laporan PKPM thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.
Text
COVER PKPM KY.pdf Download (55kB) |
|
Text
HAL PENGESAHAN KY.pdf Download (426kB) |
|
Text
daftar isi pkpm vicky.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1 PKPM KY.pdf Download (214kB) |
|
Text
BAB II PKPM KY.pdf Download (659kB) |
|
Text
BAB III PKPM KY.pdf Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA PKPM KY.pdf Download (9kB) |
|
Text
LAMPIRAN PKPM KY.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bertujuan untuk mengembangkan suatu daya saing kepariwisataan yang berkelanjutan dengan menggunakan model Community based Tourism (CBT) sebagai salah satu inisiatif strategi wisata yang mampu mengakomodir keuntungan ekonomi, sosial, budaya dan lingkungan disuatu destinasi wisata. Model CBT yang ditawarkan adalah dengan mengkonvergensikan Adventure Travel, Cultural Tourism, Ecotourism dan Collaborative Information Technology menjadi satu kesatuan layanan kepariwisataan yaitu Desa Wisata Edukasi Digital Marketing dan Social Media. Selain itu juga prinsip-prinsip SD- Logic juga dikedepankan dimana pada saat pengembangan desa wisata, tim pengabdi selalu melakukan kolaborasi dengan banyak pihak termasuk karang taruna desa setempat dan seseorang yang dapat menginspirasi masyarakat.Kegiatan Praktik Kerja Pengabdian Masyarakat ini terbagi menjadi lima tahap yaitu (1) Pembuatan Mapping Destinasi Wisata, (2) Perencanaan Pengeluaran Anggaran Dalam Proses Pengelolaan Desa wisata , (3) Pembuatan Paket Wisata Dalam Pengelolaan Desa Wisata (4) Penerapan Sistem Digital Marketing Agar Dapat Mengenalkan Destinasi Wisata Ke Sosial Media (5) Pengembangan Website Sebagai Sarana Promosi dan kesemuanya bisa terlaksana serta mendapatkan hasil yang baik dari sisi peningkatan pengetahuan dan keahlian. Hasil kegiatan praktik kerja pengabdiaan masyarakat ini adalah, Konsep desa wisata digital marketing dan social media dengan community based tourism dapat diterima dan mulai diimplementasikan di desa sidomukti walaupun masih perlu pendampingan lebih lanjut dan perlu melibatkan stakeholder pentahelix lainnya, Desa wisata juga perlu mengedepankan pengembangan paket wisata, dibandingkan penjualan tiket untuk masuk ke obyek wisata, karena lebih menguntungkan dan mampu mengendalikan eksternalitas dunia pariwisata dan untuk dapat efektif mengimplementasikan desa wisata edukasi digital marketing dan social media. Kedepannya tim PKPM membentuk masterplan kepariwisataan desa sidomukti sehingga dapat dijadikan pedoman arah pengembangan desa wisata. Kata kunci: kewirausahaan, ekonomi kreatif, media sosial,wisata ,promosi
Item Type: | Thesis (Laporan PKPM) |
---|---|
Subjects: | Laporan PKPM 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Vicky Yoga Setiawan |
Date Deposited: | 23 Sep 2022 04:36 |
Last Modified: | 23 Sep 2022 04:36 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/9478 |
Actions (login required)
View Item |