SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN ADMINISTRASI PADA PERUMAHAN GRIYA BINA MITRA 3 BERBASIS ANDROID

Allan Yusa Mahendra, Allan and Wasilah, Wasilah (2024) SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN ADMINISTRASI PADA PERUMAHAN GRIYA BINA MITRA 3 BERBASIS ANDROID. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (154kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (391kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (38kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (239kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (97kB)

Abstract

SISTEM INFORMASI MANAJEMEN LAYANAN ADMINISTRASI PADA PERUMAHAN GRIYA BINA MITRA 3 BERBASIS ANDROID Oleh: Allan Yusa Mahendra alanyusam84@gmail.com Perumahan Griya Bina Mitra 3, terletak di Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Lampung, menghadapi sejumlah tantangan dalam pengelolaan layanan lingkungan. Dengan pertumbuhan pesat dan perkotaan yang berkembang, aspek seperti pasokan air, pengelolaan sampah, dan keamanan menjadi fokus utama. Saat ini, pengelolaan layanan masih dilakukan secara manual, menyebabkan potensi ketidakakuratan data dan kesulitan dalam memantau kinerja layanan. Tarif yang berbeda-beda untuk layanan seperti sampah dan air juga menyulitkan aksesibilitas dan transparansi informasi bagi warga. Untuk mengatasi tantangan tersebut, penelitian diajukan dengan judul "Sistem Informasi Manajemen Layanan Administrasi Pada Perumahan Griya Bina Mitra 3 berbasis Android". Tujuannya adalah meningkatkan efisiensi pengelolaan sumber daya dan layanan secara keseluruhan dengan adopsi teknologi modern. Metode prototipe digunakan dalam pengembangan sistem ini, yang melibatkan beberapa tahap. Tahap pertama, mendengarkan pelanggan, bertujuan untuk mengetahui kebutuhan akan sistem informasi layanan lingkungan berbasis Android. Data dikumpulkan dan dianalisis untuk memahami kebutuhan pengguna. Selain itu, kebutuhan perangkat keras dan perangkat lunak aplikasi juga dianalisis untuk memastikan sistem yang dibangun sesuai dengan kebutuhan dan infrastruktur yang tersedia. Tahap kedua, membangun mockup, terdiri dari perancangan use case diagram, activity diagram, class diagram, dan desain interface sistem/aplikasi. Mockup ini memberikan gambaran visual tentang bagaimana sistem akan berinteraksi dengan pengguna dan menjelaskan secara rinci fungsionalitas yang akan dimiliki. Tahap ketiga, menguji, dilakukan berbarengan dengan pembuatan sistem. Pengujian dilakukan pada fungsional sistem menggunakan metode black box. Pengujian ini bertujuan untuk memastikan bahwa sistem dapat berfungsi dengan baik sesuai dengan kebutuhan dan spesifikasi yang telah ditetapkan sebelumnya Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem ini memiliki potensi besar untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kualitas layanan. Kelebihannya meliputi aksesibilitas yang mudah, peningkatan efisiensi administrasi, dan pemantauan yang lebih baik terhadap layanan pelanggan. Dengan adopsi sistem informasi berbasis Android, diharapkan pihak pengelola dapat mengatasi tantangan yang dihadapi dan memberikan akses yang lebih mudah serta transparan terhadap informasi penting terkait layanan yang diterima oleh warga. Kata kunci : Layanan Administrasi, Perumahan, Android, Prototype, Black Box Testing

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Allan Yusa Mahendra
Date Deposited: 03 Jun 2024 01:32
Last Modified: 03 Jun 2024 01:32
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/16313

Actions (login required)

View Item View Item