Oberta Ratmasari, S.Pd, Istri (2024) ANALISIS CRITICAL SUCCESS FACTORS PADA IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN E-LEARNING DI SMK MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL BUMI NABUNG LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, Institut Informastika dan Bisnis Darmajaya.
Text
Daftar Isi Y Arif Efendi.pdf Download (118kB) |
|
Text
Cover tesis Y Arif Efendi 2023.pdf Download (197kB) |
|
Text
Surat Penyataan Tesisi Arif .pdf Download (89kB) |
|
Text
Persetujuan Y Arif Efendi.pdf Download (1MB) |
|
Text
Pengesahan Tesis Y Arif Efendi.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (77kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (400kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (229kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (537kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (168kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (147kB) |
|
Text
Lampiran tesis.pdf Download (951kB) |
Abstract
Pembelajaran dalam sistem e-learning telah mulai diterapkan secara luas pada sekolah menengah kejuruan dalam rangka mensukseskan kegiatan belajar mengajar. Permasalahan yang muncul dalam penerapan e-learning di sekolah yang utama adalah berkaitan dengan kesiapan sistem informasi di sekolah dan kesanggupan para pengguna di sekolah yang dihadapkan pada suatu fakta bahwa terdapat kepuasan pemakai atau manfaat dari penggunaan e-learning, budaya belajar melalui teknologi dan dukungan atas kesiapan infrastuktur teknologi informasi di sekolah. Penelitian ini membahas tentang analisis faktor-faktor penting yang dapat menyebabkan keberhasilan implementasi e-learning pada SMK Muhammadiyah Boarding School untuk perbaikan sistem pembelajaran di masa mendatang. Metode penelitian berupa penelitian deskriptif dengan analisis model Structural Equation Modelling (SEM) dengan alat analisis aplikasi Smart Partial Least Square (PLS) versi 4. Model SEM yang digunakan dalam penelitian ini dikembangkan dari konsep Maturity E-Learning oleh Marshall (2003). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem e-learning di SMK Muhammadiyah Boarding School Bumi Nabung Lampung Tengah menunjukkan hal positif dalam kegiatan belajar di sekolah. Hal ini terlihat dari faktor kualitas sistem informasi dan efikasi diri dimana variabel kualitas sistem informasi menentukan secara positif terhadap Penggunaan sistem e-learning sebesar 0.472 dan variabel efikasi diri menentukan secara positif terhadap penggunaan sistem elearning sebesar 0.422. Kedua variabel adalah signifikan dengan tingkat signifikansi 0.001. Selain itu, variabel penggunaan sistem e-learning menentukan secara positif terhadap kesuksesan e-learning sebesar 0.623, variabel budaya belajar menentukan secara positif terhadap kesuksesan elearning sebesar 0.380 , dan variabel efikasi diri menentukan secara positif terhadap kesuksesan e-learning sebesar 0.335 dan semua variabel signifikan 0.001. Rekomendasi penelitian selanjutnya adalah memasukkan variabel yang lain yang dapat mempengaruhi kesuksesan e-learning, seperti kegiatan ekstra kurikuler sekolah yang mendukung sosialiasi e-learning menjadi sekolah kejuruan yang berbudaya teknologi informasi. Kata-kata Kunci : Critical Success Factors, E-Learning, Implementasi, Implementasi Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eTheses |
Divisions: | Pasca Sarjana > Magister Teknik Informatika |
Depositing User: | arif yohana arif arif |
Date Deposited: | 29 Oct 2024 06:19 |
Last Modified: | 29 Oct 2024 06:19 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/18741 |
Actions (login required)
View Item |