Hadi, Sopiyan and LESTARI, WINDA RIKA (2025) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN LITERASI KEUANGAN, TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF PRODUK FASHION PADA GEN Z DI BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
![]() |
Text
cover sopiyan hadi.pdf Download (451kB) |
![]() |
Text
pernyaataan sopiyan hadi.pdf Download (57kB) |
![]() |
Text
pengesahan sopiyam hadi.pdf Download (212kB) |
![]() |
Text
absrak sopiyan hadi.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
daftar isi sopiyan hadi.pdf Download (660kB) |
![]() |
Text
bab 1 sopiyan hadi.pdf Download (956kB) |
![]() |
Text
bab 2 sopiyan hadi.pdf Download (996kB) |
![]() |
Text
bab 3 sopiyan hadi.pdf Download (730kB) |
![]() |
Text
bab 4 sopiyan hadi.pdf Download (939kB) |
![]() |
Text
bab 5 sopiyan hadi.pdf Download (445kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka sopiyan hadi.pdf Download (549kB) |
![]() |
Text
lampiran sopiyan hadi.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Fear of Missing Out (FOMO) dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif produk fashion pada Generasi Z di Bandar Lampung. Fenomena perilaku konsumtif di kalangan anak muda semakin meningkat seiring dengan kemajuan teknologi digital dan media sosial yang mendorong kecenderungan FOMO. Literasi keuangan yang rendah juga berperan dalam pola konsumsi yang tidak terkontrol. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 100 responden yang merupakan Generasi Z di Bandar Lampung. Data dikumpulkan melalui kuesioner dan dianalisis menggunakan regresi linear berganda untuk melihat hubungan antara variabel bebas (FOMO dan literasi keuangan) terhadap variabel terikat (perilaku konsumtif). Hasil penelitian menunjukkan bahwa FOMO memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, yang berarti semakin tinggi tingkat FOMO seseorang, semakin besar kemungkinan mereka melakukan pembelian impulsif. Sebaliknya, literasi keuangan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, yang menunjukkan bahwa individu dengan tingkat literasi keuangan yang baik cenderung lebih bijaksana dalam mengelola keuangan mereka dan menghindari konsumsi berlebihan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi akademisi, pelaku bisnis, dan pemerintah dalam memahami perilaku konsumtif Generasi Z serta pentingnya literasi keuangan dalam mengendalikan pengeluaran. Hasil penelitian ini diharapkan hasil dapat menjadi dasar bagi upaya edukasi dan kebijakan yang mendorong pengelolaan keuangan yang lebih baik di kalangan anak muda.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Prodi Manajemen |
Depositing User: | Sopiyan Hadi |
Date Deposited: | 04 Jul 2025 06:42 |
Last Modified: | 04 Jul 2025 06:42 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20575 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |