PENGARUH DIGITALISASI BISNIS DAN REBRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CRM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PJM TOWIN

Tri Wahyono, Sugeng and Supriyadi, Supriyadi (2025) PENGARUH DIGITALISASI BISNIS DAN REBRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CRM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PJM TOWIN. Masters thesis, Institut Infomatika Dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
1. COVER LUAR.pdf

Download (201kB)
[img] Text
2. COVER DALAM.pdf

Download (204kB)
[img] Text
3. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (475kB)
[img] Text
4. HALAMAN PENGESAHAAN.pdf

Download (673kB)
[img] Text
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (109kB)
[img] Text
6. MOTTO.pdf

Download (74kB)
[img] Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (120kB)
[img] Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (99kB)
[img] Text
9. DAFTAR ISI.pdf

Download (159kB)
[img] Text
10. BAB I .pdf

Download (298kB)
[img] Text
11. BAB II.pdf

Download (509kB)
[img] Text
12. BAB III.pdf

Download (413kB)
[img] Text
13. BAB IV.pdf

Download (801kB)
[img] Text
14. BAB V.pdf

Download (239kB)
[img] Text
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
16. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH DIGITALISASI BISNIS DAN REBRANDING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN CRM SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PJM TOWING Oleh Sugeng Tri Wahyono Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh digitalisasi bisnis dan rebranding terhadap keputusan pembelian dengan Customer Relationship Management (CRM) sebagai variabel intervening pada PJM TOWING, perusahaan jasa mobil derek yang mulai berkembang secara nasional. Fenomena rendahnya konversi dari kunjungan website menjadi keputusan pembelian menjadi dasar utama penelitian ini. Model bisnis semi-konvensional, citra merek lokal yang masih melekat, serta belum optimalnya penerapan CRM dan digitalisasi menjadi isu strategis yang dikaji secara ilmiah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis Structural Equation Modeling (SEM) berbasis AMOS terhadap 355 responden. Hasil pengujian model menunjukkan bahwa Digitalisasi Bisnis berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Rebranding tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian Digitalisasi Bisnis tidak berpengaruh secara signifikan terhadap CRM. Rebranding tidak berpengaruh secara signifikan terhadap CRM. CRM tidak berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan Pembelian. Digitalisasi Bisnis tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian melalui CRM dan Rebranding tidak memiliki pengaruh secara tidak langsung terhadap terhadap Keputusan Pembelian melalui CRM. Model penelitian memenuhi kriteria goodness-of-fit dengan nilai Chi-square = 179.851, sig = 0.552, RMSEA =0.000, GFI = 0.955, AGFI = 0.944, CMIN/DF = 0.983, TLI = 1.001, dan CFI = 1.000. Temuan ini menunjukkan bahwa peningkatan dalam Digitalisasi Bisnis akan meningkatkan Keputusan Pembelian namun tidak dengan rebranding baik secar langsung terhadap Keputusan Pembelian atau pun secara tidak langsung melalui CRM begitu juga dengan Digitalisasi Bisnis yang tidak mengalami peningkatan secara tidak langsung terhadap Keputusan Pembelian melalui CRM. Kata kunci: Digitalisasi Bisnis, Rebranding, CRM, Keputusan Pembelian, PJM TOWING

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 600 Teknologi - Ilmu terapan > 650 Manajemen
eTheses
Divisions: Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Sugeng Tri Wahyono
Date Deposited: 23 Jul 2025 06:47
Last Modified: 23 Jul 2025 06:47
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/20851

Actions (login required)

View Item View Item