Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Prasekolah Menggunakan Metode Addie

Egi Himawan, Febrianto and Fitria, Fitria (2025) Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Prasekolah Menggunakan Metode Addie. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.

[img] Text
cover egi.pdf

Download (162kB)
[img] Text
cover egi2.pdf

Download (172kB)
[img] Text
abstrak egi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
daftar isi egi.pdf

Download (243kB)
[img] Text
daftar gambar egi.pdf

Download (147kB)
[img] Text
Daftar riwayat hidup egi.pdf

Download (225kB)
[img] Text
daftar tabel egi.pdf

Download (141kB)
[img] Text
Halaman pengesahan egi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
halaman persembahan egi.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Halaman persetujuan egi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar pernyataan egi.pdf

Download (245kB)
[img] Text
bab 1 egi.pdf

Download (213kB)
[img] Text
bab 2 egi.pdf

Download (240kB)
[img] Text
bab 3 egi.pdf

Download (872kB)
[img] Text
bab 4 egi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
bab 5 egi.pdf

Download (187kB)
[img] Text
daftar pustaka egi.pdf

Download (152kB)
[img] Text
lampiran egi.pdf

Download (557kB)

Abstract

ABSTRAK Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Prasekolah Menggunakan Metode Addie (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi (Studi Kasus : TK AL-Amin) Oleh : Himawan Egi Febrianto 2111010007 egifebrianto13@gmail.com Perkembangan teknologi digital memberikan peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, khususnya bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi game edukasi berbasis Android sebagai media pembelajaran berhitung penjumlahan untuk anak taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game ini dirancang dengan tampilan visual yang menarik, navigasi yang sederhana, serta konten penjumlahan yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun. Hasil uji coba menunjukkan bahwa game edukasi ini efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep penjumlahan dasar. Anak-anak lebih antusias dan aktif dalam belajar, serta menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung setelah menggunakan aplikasi. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis game edukasi Android dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran berhitung di taman kanak-kanak. Kata kunci: game edukasi, Android, berhitung, penjumlahan, taman kanak-kanak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Ilmu Komputer
eSkripsi
Divisions: Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika
Depositing User: Himawan Egi Febrianto
Date Deposited: 20 Nov 2025 03:57
Last Modified: 20 Nov 2025 03:57
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23132

Actions (login required)

View Item View Item