Egi Himawan, Febrianto and Fitria, Fitria (2025) Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Prasekolah Menggunakan Metode Addie. Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
|
Text
cover egi.pdf Download (162kB) |
|
|
Text
cover egi2.pdf Download (172kB) |
|
|
Text
abstrak egi.pdf Download (217kB) |
|
|
Text
daftar isi egi.pdf Download (243kB) |
|
|
Text
daftar gambar egi.pdf Download (147kB) |
|
|
Text
Daftar riwayat hidup egi.pdf Download (225kB) |
|
|
Text
daftar tabel egi.pdf Download (141kB) |
|
|
Text
Halaman pengesahan egi.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
halaman persembahan egi.pdf Download (215kB) |
|
|
Text
Halaman persetujuan egi.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Lembar pernyataan egi.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
bab 1 egi.pdf Download (213kB) |
|
|
Text
bab 2 egi.pdf Download (240kB) |
|
|
Text
bab 3 egi.pdf Download (872kB) |
|
|
Text
bab 4 egi.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
bab 5 egi.pdf Download (187kB) |
|
|
Text
daftar pustaka egi.pdf Download (152kB) |
|
|
Text
lampiran egi.pdf Download (557kB) |
Abstract
ABSTRAK Aplikasi Game Edukasi Untuk Pembelajaran Berhitung Pada Anak Usia Prasekolah Menggunakan Metode Addie (Analisis, Desain, Development, Implementasi, Evaluasi (Studi Kasus : TK AL-Amin) Oleh : Himawan Egi Febrianto 2111010007 egifebrianto13@gmail.com Perkembangan teknologi digital memberikan peluang baru dalam pengembangan media pembelajaran yang interaktif dan menarik, khususnya bagi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengevaluasi game edukasi berbasis Android sebagai media pembelajaran berhitung penjumlahan untuk anak taman kanak-kanak. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Game ini dirancang dengan tampilan visual yang menarik, navigasi yang sederhana, serta konten penjumlahan yang disesuaikan dengan karakteristik perkembangan kognitif anak usia 5–6 tahun. Hasil uji coba menunjukkan bahwa game edukasi ini efektif dalam meningkatkan minat belajar dan pemahaman konsep penjumlahan dasar. Anak-anak lebih antusias dan aktif dalam belajar, serta menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung setelah menggunakan aplikasi. Dengan demikian, media pembelajaran berbasis game edukasi Android dapat menjadi solusi inovatif dalam mendukung proses pembelajaran berhitung di taman kanak-kanak. Kata kunci: game edukasi, Android, berhitung, penjumlahan, taman kanak-kanak
| Item Type: | Thesis (Skripsi) |
|---|---|
| Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
| Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
| Depositing User: | Himawan Egi Febrianto |
| Date Deposited: | 20 Nov 2025 03:57 |
| Last Modified: | 20 Nov 2025 03:57 |
| URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/23132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
