Emilia, Putri and Paramitasari, Niken (2024) PENGARUH LITERASI KEWIRAUSAHAAN, LITERASI DIGITAL DAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMA NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Skripsi thesis, INSTITUT INFORMATIKA DAN BISNIS DARMAJAYA.
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (60kB) |
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf Download (278kB) |
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN.pdf Download (987kB) |
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
HALAMAN PERSEMBAHAN.pdf Download (23kB) |
|
Text
MOTTO.pdf Download (47kB) |
|
Text
RIWAYAT HIDUP.pdf Download (10kB) |
|
Text
INTISARI & ABSTRACT.pdf Download (491kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (117kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.pdf Download (77kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR.pdf Download (11kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (181kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (192kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (124kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (429kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (33kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (162kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Program kewirausahaan pada tingkat SMA mendorong siswa untuk menjadi wirausahawan. Namun berdasarkan data peminatan siswa untuk berwirausaha setelah lulus, siswa lebih memilih melanjutkan studi atau bekerja. Selain itu, di era digitalisasi yang kian berkembang serta maraknya media sosial sebagai wadah untuk berwirausaha, tidak dimanfaatkan siswa untuk beraktivitas kewirausahaan, melainkan untuk bersosialisasi, menonton, dan lain-lain. Pihak sekolah berupaya untuk mewujudkan lahirnya wirausahawan muda yang dimulai sejak lulus SMA melalui berbagai variabel. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh literasi kewirausahaan, literasi digital dan penggunaan media sosial terhadap minat berwirausaha siswa SMA. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausalitas dan menggunakan teknik analisis data PLS-SEM dengan jumlah responden 119 siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa literasi kewirausahaan, literasi digital dan penggunaan media sosial berpengaruh signifikan dan positif terhadap minat berwirausaha. Melalui literasi kewirausahaan siswa diharapkan mampu mengidentifikasi masalah, menganalisis resiko hingga menemukan ide bisnis yang kreatif dan inovatif sehingga termotivasi untuk memulai usaha. Pengetahuan literasi digital mengarahkan siswa untuk dapat mengidentifikasi data yang nyata dan mengakses sumber daya yang diperlukan untuk mendukung bisnis. Serta penggunaan media sosial dapat menjadi alat yang sangat efektif untuk membangun jaringan profesional, mempromosikan produk atau jasa, dan menjangkau pasar yang lebih luas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Ilmu Sosial > 330 Ilmu Ekonomi eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ekonomi Bisnis > Bisnis Digital |
Depositing User: | Putri Emilia emil |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 05:02 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 05:02 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/15287 |
Actions (login required)
View Item |