PENGEMBANGAN UMKM MELALUI INOVASI PRODUK, STRATEGI PEMASARAN SERTA MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DI DESA PANCASILA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Agatha F.S, Alma (2019) PENGEMBANGAN UMKM MELALUI INOVASI PRODUK, STRATEGI PEMASARAN SERTA MEMANFAATKAN TEKNOLOGI DI DESA PANCASILA KECAMATAN NATAR KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Laporan PKPM thesis, IBI Darmajaya.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (29kB)
[img] Text
2 HALAMAN PENGESAHAN .pdf

Download (813kB)
[img] Text
4 RINGKASAN.pdf

Download (287kB)
[img] Text
6 DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB)
[img] Text
9 BAB 1.pdf

Download (131kB)
[img] Text
10 BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
11 BAB 3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
13 BAB 4.pdf

Download (135kB)
[img] Text
14 BAB 5.pdf

Download (547kB)
[img] Text
15 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] Text
16 LAMPIRAN.pdf

Download (8MB)

Abstract

Era globalisasi saat ini tidak dapat dipungkiri bahwa persaingan perkembangan dunia bisnis semakin pesat dan berperan penting dalam pembangunan perekonomian Nasional. Peranan Usaha Kecil Menengah (UKM) dalam perekonomian nasional diakui sangat besar. Hal ini dapat dilihat dari kontribusi UKM terhadap lapangan kerja, pemerataan pendapatan, pembangunan ekonomi desa dan sebagai penggerak ekspor. Namun disisi lain mulai terbukanya pasar bebas, terbatasnya kebijakan yang mendukung sektor usaha kecil, belum meratanya pengetahuan dan perkembangan teknologi serta masalah permodalan menjadi penghambat pengembangan dan terbentuknya UKM. Adanya faktor penghambat tersebut menjadi kendala bagi Desa Pancasila Kecamatan Natar Kabupaten Lampung Selatan untuk membentuk UKM yang dapat menunjang perekonomian desa, sehingga menangani permasalahan tersebut kami melalui Kegiatan Praktek Kerja Pengabdian Masyarakat (PKPM) IBI Darmajaya, melakukan observasi untuk mengembangkan UKM dengan membuat inovasi produk agar dapat menaikkan citra produk di pasaran sehingga dapat bersaing dengan kompetitor lainnya di pasaran. Tahu Sumber Rezeki memproduksi berbagai macam tahu seperti tahu putih untuk sayur,tahu kempong dsb. Dan hanya dipasarkan disekitar Desa Pancasila, melihat produksi tahu yang monoton dan hanya dijual di sekitar Desa Pancasila maka kami berinisiatif untuk bekerjasama dengan pemilik UKM Tahu untuk membentuk inovasi dan mengembangkan Keripik Tahu untuk mendukung kelancaran inovasi produk Keripik Tahu, kami mengadakan pelatihan pembuatan x inovasi keripik tahu, membuat branding produk, cara memproduksi dan mengemas keripik tahu, memperluas jaringan pemasaran melalui media online dan serta pembuatan laporan keuangan yang sederhana untuk UKM Tahu Sumber Rezeki.

Item Type: Thesis (Laporan PKPM)
Subjects: Laporan PKPM
Depositing User: editor 1
Date Deposited: 09 Feb 2021 08:21
Last Modified: 09 Feb 2021 08:21
URI: http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/2819

Actions (login required)

View Item View Item