Luqman Hidayat, Luqman and Yuni Puspita Sari, S.Kom, M.T., Yuni (2023) E Survei Kepuasaan Pengguna Pada Program Studi Teknik Informatika Menggunakan Metode Customer Satisfaction Index (CSI). Skripsi thesis, Institut Informatika dan Bisnis Darmajaya.
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (235kB) |
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.pdf Download (583kB) |
|
Text
LEMBAR PERNYATAAN.pdf Download (189kB) |
|
Text
KATA PENGHANTAR.pdf Download (472kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (300kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (194kB) |
|
Text
DAFTAR GAMBAR DAN TABEL.pdf Download (202kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (262kB) |
|
Text
Plagiat_Luqman Hidayat.pdf Download (279kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (299kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (931kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (150kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (429kB) |
Abstract
IIB Darmajaya adalah salah satu institusi pendidikan tinggi swasta (PTS) terkemuka di Provinsi Lampung, yang beralamat di jalan Zainal Abidin Pagar Alam, No.93B. Labuhan Ratu, Bandar Lampung, Provinsi Lampung, Indonesia. Pada Program Studi Teknik Informatika terkait dengan jumlah mahasiswa pada tahun 2019 – 2021 terdapat 458 mahasiswa. Proses pelayanan selama ini adalah sudah dilakukan melalui sistem akademik (SISKA Darmajaya) yaitu menggunakan google form, dimana semua mahasiswa diminta untuk mengisi kuisioner kepuasan layanan namun masih secara global karena survey tersebut untuk seluruh mahasiswa program studi Darmajaya, belum spesifik untuk mahasiswa jurusan teknik informatika, jadi belum terukur setiap tahunnya dengan baik. Metode yang dikembangkan adalah penerapan Customer Satisfaction Index yang berguna untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa secara menyeluruh dengan melihat tingkat kinerja dan pelayanan, lalu untuk pengembangan sistem menggunakan metode extreme programming, dan perancangan sistem menggunakan UML. Implementasi sistem ini menggunakan PHP dan MySQL sebagai database, serta pengujian sistem menggunakan ISO 25010. Hasil metode Customer satisfaction index digunakan untuk mengetahui tingkat kepuasan pengguna jasa menggunakan responden sebanyak 35 dengan jumlah kuesioner 8 menghasilkan persentase 54,36 sehingga dapat diismpulkan bahwa kepuasan pelayanan yang diberikan kepada mahasiswa prodi informatika yaitu “Cukup Puas”. Sedangkan hasil pengujian ISO 25010 yang telah dilakukan dengan melibatkan 36 Responden bahwa kesimpulan kualitas kelayakan perangkat lunak yang dihasilkan memiliki persentase keberhasilan dengan total rata-rata 84.55% yaitu “Baik” Kata Kunci : Pelayanan, Custome Satisfaction Index (CSI), Extreme Programing, ISO 25010
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Komputer eSkripsi |
Divisions: | Skripsi/TA & PKPM/KP - Fakultas Ilmu Komputer > Teknik Informatika |
Depositing User: | S1 Luqman Luqman Hidayat |
Date Deposited: | 22 May 2023 05:54 |
Last Modified: | 22 May 2023 05:54 |
URI: | http://repo.darmajaya.ac.id/id/eprint/11867 |
Actions (login required)
View Item |